Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Perkenalkan ROG NUC, PC Gaming Berukuran Mini

Kompas.com - 11/01/2024, 10:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC Gamer

KOMPAS.com - Asus mengambil alih bisnis Next Unit of Computing (NUC) Intel beberapa waktu lalu. Pabrikan ini belakangan memperkenalkan model terbaru dari lini produk PC mini tersebut, yakni ROG NUC.

Sesuai dengan brand Republic of Gamers yang diusungnya, Asus ROG NUC merupakan PC gaming. Bentuknya terbilang kecil dan tipis dengan dimensi 114 x 112 x 41 mm, volume 2,5 liter, dan bobot 800 gram.

Komponen-komponen hardware yang disematkan di ROG NUC terbilang bertenaga, meskipun lebih mirip dengan laptop ketimbang PC desktop.

Baca juga: Asus Rilis Komputer Mini NUC Pertama Setelah Dilepas Intel

Menurut keterangan di website Asus, ROG NUC ditawarkan dalam dua varian. Perbedaannya terletak dalam hal prosesor serta pengolah grafis (GPU) yang digunakan.

Varian pertama ditenagai prosesor Intel Core Ultra 9 185H dan GPU Nvidia GeForce RTX 4070, sedangkan varian kedua menggunakan kombinasi Intel Core Ultra 7 155H dan Nvidia GeForce RTX 4060. GPU yang digunakan di kedua varian merupakan versi mobile.

Sebagian spesifikasi yang diunggulkan Asus ROG NUCAsus Sebagian spesifikasi yang diunggulkan Asus ROG NUC

Spesifikasi selebihnya dari kedua varian Asus ROG NUC relatif indentik. Kapasitas RAM dan storage tidak dirinci, tapi kedua varian dibekali dua slot SO-DIMM untuk DDR5 5600 dual-channel hingga 32 GB dan tiga slot untuk SSD M.2 PCIe Gen 4.0 x4 2280.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Windows 11 Home 64-bit. Opsi konektitvitasnya terbilang lengkap. Di bagian depan terdapat 2x USB 3.2 Gen2 tipe A berikut audio jack 3,5 mm dan sebuah SD card reader yang mendukung interface UHS-I.

Baca juga: Asus Pamer Laptop dengan Layar Kembar yang Bisa Dilipat

Di sisi belakang terdapat sebuah port Thunderbolt 4/ USB 4 tipe C, 2x USB 3.2 Gen2 tipe A, 2x USB 2.0 tipe A, 1x port HDMI, 2x DisplayPort 1.4a, serta 1x 2,5 Gbps LAN. Asus ROG NUC turut mendukung WiFi 6E 2x2 dan Bluetooth 5.3.

Asus ROG NUC bisa diletakkan dalam posisi berdiri alias vertikal maupun horizontal. Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC Gamer, Kamis (11/1/2024), PC mini inipun dapat terhubung ke empat monitor 4K secara bersamaan.

Informasi ketersediaan maupun harga dari Asus ROG NUC masih belum diumumkan. Namun, mengingat branding ROG yang diusungnya, kemungkinan banderolnya tidak akan murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com