Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar iPhone Macet dan Tidak Berfungsi? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 14/01/2024, 09:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna ponsel tentu tak terlepas dari berbagai eror atau masalah yang terjadi tiba-tiba. Begitu pula dengan para pengguna iPhone yang juga tak jarang mengalami layar ponsel yang tidak berfungsi dan macet.

Hal ini tentu akan membuat aktivitas terganggu dan mengurangi produktivitas pengguna. Lantas mengapa layar iPhone macet dan tiba-tiba tidak berfungsi? Biasanya penyebab masalah ini bisa jadi karena iOS yang belum diperbarui.

Selain itu penyebab lainnya adalah terdapat debu atau cairan di permukaan layar iPhone dan pengisian daya dengan cas yang rusak. Bagi Anda yang mengalami masalah ini, berikut ini beberapa cara mengatasi layar iPhone yang macet dan tidak berfungsi.

Baca juga: Cara Lihat Password WiFi di iPhone yang Sudah Terhubung

Cek pembaruan iOS

Cobalah untuk memperbarui sistem operasi iOS ponsel Anda. Bisa jadi sistem operasi yang lupa diperbarui akan menyebabkan eror pada layar ponsel. Cek sistem pembaruan ponsel di menu “Setelan”. Apabila terdapat pembaruan yang harus dilakukan maka segera lakukan pembaruan.

Bersihkan layar iPhone

Salah satu penyebab layar iPhone yang macet tiba-tiba bisa jadi karena layar berdebu atau kotor karena berbagai hal. Misalnya saja tangan pengguna yang terkena minyak atau krim lalu secara langsung menggunakan ponsel.

Hal ini menyebabkan sensitivitas layar berkurang sehingga bisa jadi iPhone macet hingga tidak berfungsi. Cobalah matikan ponsel sejenak dan bersihkan bagian layar ponsel. Setelah itu cobalah kembali menggunakan iPhone.

Pengisian daya dengan cas yang rusak atau bermasalah

Penggunaan alat pengisian daya dan cas yang rusak bisa jadi penyebab layar iPhone tiba-tiba macet dan tidak berfungsi. Selain itu bisa jadi pengisi daya yang Anda gunakan tidak cocok dengan ponsel Anda dan mengakibatkan ponsel lebih panas dan menyebabkan masalah pada layar.

Maka dari itu sebaiknya cepatlah ganti dengan pengisi daya bawaan dan asli. Apabila ponsel Anda terlanjur tidak responsif cobalah untuk memuat ulang terlebih dahulu.

Pastikan pelindung layar terpasang dengan benar

Pelindung layar berkualitas rendah dapat menghambat kemampuan ponsel Anda untuk mendeteksi dan merespons sentuhan layar. Jika Anda baru saja memasang pelindung layar baru di iPhone dan mengalami masalah dengan layar sentuh setelahnya, kemungkinan besar penyebabnya adalah pelindung tersebut.

Maka dari itu cobalah untuk membenahi pelindung layar dengan benar atau mencoba melepaskannya sementar, dan cobalah kembali.

Baca juga: 2 Cara Membatasi Penggunaan Aplikasi Tertentu di iPhone

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba ketika layar iPhone macet dan tidak berfungsi. Semoga membantu. Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com