Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Silent Hill: The Short Message" Meluncur di PlayStation 5, Bisa Dimainkan Gratis

Kompas.com - 02/02/2024, 09:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Publisher game asal Jepang, Konami, meluncurkan Silent Hill: The Short Message di konsol PlayStation 5 (PS5), Kamis (1/2/2024). Game ini bisa dimainkan secara gratis oleh para gamer.

Adapun peluncuran game ini diumumkan lewat ajang pameran game virtual PlayStation State of Play 2024 di platform berbagi video YouTube.

Seperti namanya, Silent Hill: The Short Message merupakan entri terbaru dari seri game horor populer Silent Hill.

Permainan ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Anita, yang mengunjungi apartemen bobrok The Villa setelah mendapatkan pesan dari temannya, Maya. Apartemen ini rumornya merupakan lokasi yang sering digunakan orang untuk bunuh diri.

Di dalam apartemen itu, Anita menemukan berbagai monster mengerikan khas Silent Hill. Anita tidak bisa melarikan diri dari apartemen itu, sehingga ia harus masuk lebih dalam untuk menguak misteri di balik The Villa.

Dari segi gameplay, Silent Hill: The Short Message mirip dengan game horor P.T. bikinan Konami dan desainer game kondang Kojima Hideo.

Baca juga: 19 Game PS5 yang Ditunggu, Ada Silent Hill 2 dan Final Fantasy VII Rebirth

Silent Hill: The Short MessageYouTube Silent Hill: The Short Message
Sebab, kedua game ini sama-sama mengusung sudut pandang orang pertama (first person), sehingga menghasilkan suasana yang lebih realistis.

Tak hanya itu, fokus duo game ini adalah eksplorasi, bukan melawan monster atau hantu yang dihadapi. Pemain akan diminta mengerjakan sejumlah puzzle dalam apartemen itu. Hal ini mesti dilakukan sambil menghindari serangan monster yang mengejar.

Satu-satunya peralatan yang dibawa Anita adalah smartphone miliknya. Ponsel ini bisa digunakan sebagai penerangan di area yang gelap.

Secara durasi, game ini dapat ditamatkan selama kurang lebih 2 jam. Game ini bisa dibilang bertujuan untuk memperkenalkan pengguna terhadap franchise Silent Hill, dan menjadi "pemanasan" bagi pengguna sebelum Silent Hill 2 Remake dirilis pada 2024 ini.

Seperti yang sebelumnya disebutkan, Silent Hill: The Short Message bisa diunduh dan dimainkan gratis di konsol PS5, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi PlayStation, Jumat (2/2/2024).

Pengguna yang tertarik bisa mengunduh game gratis ini lewat tautan berikut ini.

Perlu dicatat, pengguna mesti mengunduh file  game sebesar 12,1 GB. Ukuran yang besar ini bisa dibilang wajar mengingat game horor Konami ini memanfaatkan teknologi PS5. Alhasil, visual game pun tampil fantastis.

Baca juga: Microsoft PHK 1.900 Karyawan di Bisnis Game, Termasuk Activision Blizzard

Silent Hill 2 Remake meluncur 2024

Selain Silent Hill: The Short Message, Konami turut menunjukkan trailer terbaru dari game Silent Hill 2 Remake di State of Play 2024.

Game ini merupakan pembuatan ulang (remake) dari Silent Hill 2 orisinal keluaran 2001.

Dalam game itu, pemain bakal berperan sebagai tokoh protagonis James Sunderland, yang tengah mencari istrinya yang sudah meninggal di kota kecil Silent Hill.

Jadi, alur cerita ini bisa dibilang menginspirasi Silent Hill: The Short Message, karena mengisahkan usaha seseorang dalam menjelajahi tempat misterius setelah menerima pesan dari orang terdekatnya.

Bedanya, Silent Hill 2 Remake masih memiliki sistem combat untuk melawan musuh. James bakal menggunakan berbagai senjata seperti pistol dan pemukul bisbol untuk melindungi diri.

Silent Hill 2 Remake rencananya akan meluncur di PS5 pada 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com