Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Pamer ThinkBook Transparent Display, Laptop dengan Layar Transparan

Kompas.com - 27/02/2024, 10:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Vendor laptop Lenovo kembali memamerkan laptop konsep terbarunya di ajang tahunan Mobile World Congress alias MWC 2024 di Barcelona, Spanyol. MWC 2024 diselenggarakan selama 26-29 Februari 2024.

Di ajang MWC tahun lalu, Lenovo memamerkan konsep laptop dengan layar yang bisa digulung (rollable) dan memanjang. Kali ini, Lenovo memamerkan laptop dengan konsep layar transparan yang disebut ThinkBook Transparent Display.

Daya tarik utama ThinkBook Transparent Display adalah layarnya yang bening dan tembus pandang. Layar tersebut berukuran 17,3 inci dan menggunakan panel MicroLED tanpa bezel (bingkai).

Layar Lenovo ThinkBook Transparent Display menawarkan transparansi hingga 55 persen saat pikselnya disetel menjadi hitam dan dimatikan. Namun, saat pikselnya menyala, tampilan menjadi semakin tidak tembus pandang, hingga akhirnya pengguna melihat permukaan putih buram dengan kecerahan puncak 1.000 nits.

Baca juga: Lenovo Patenkan Layar Ultrawide yang Bisa Digulung untuk Laptop

Dengan skema ini, pengguna bisa melihat tampilan di layar dengan lebih jelas, tapi masih bisa sedikit melihat yang ada di belakang layar.

Tampilan layar transparan dan keyboard virtual ThinkBook Transparent Display.The Verge Tampilan layar transparan dan keyboard virtual ThinkBook Transparent Display.
ThinkBook Transparent Display tidak memiliki keyboard fisik, diganti dengan sebuah panel layar sentuh seperti layar laptop pada umumnya. Panel tersebut kemudian menampilkan keyboard virtual. Karena mendukung layar sentuh, panel tersebut juga bisa digunakan untuk menggambar dengan stylus.

Salah satu ide besar Lenovo adalah ThinkBook Transparent Display bisa berguna bagi seniman digital. Dengan laptop ini, seniman bisa membuat sketsa di laptop, tapi sambil tetap melihat objeknya secara langsung dari layar yang tembus pandang.

Layar transparan laptop ini juga dibekali fitur berteknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Idenya adalah menyisipkan AI di webcam laptop ini, sehingga bisa mengidentifikasi berbagai hal/benda, lalu menjawab pertanyaan pengguna soal hal/benda tersebut.

Misalnya, pengguna mengarahkan webcame ke menu di kafe dalam bahasa asing untuk menerjemahkan secara real-time. Bisa juga skenario lain, yakni merekam beberapa video dan kemudian meminta AI untuk menambahkan beberapa efek visual.

Layar tersebut berukuran 17,3 inci dan menggunakan panel MicroLED tanpa bezel. Layar ThinkBook Transparent Display menawarkan transparansi hingga 55 persen saat pikselnya disetel menjadi hitam dan dimatikan.The Verge Layar tersebut berukuran 17,3 inci dan menggunakan panel MicroLED tanpa bezel. Layar ThinkBook Transparent Display menawarkan transparansi hingga 55 persen saat pikselnya disetel menjadi hitam dan dimatikan.
Direktur Eksekutif Divisi Manajemen Produk Global Lenovo, Tom Butler mengatakan mengatakan seiring meluasnya penerapan augmented reality (AR) dan dunia digital yang terus mempengaruhi berbagai industri, evolusi perangkat laptop untuk memenuhi kebutuhan interaksi manusia-mesin yang semakin meningkat di lingkungan produksi dan layanan menjadi semakin penting.

Baca juga: Lenovo Tab K11 Meluncur, Tablet Kembaran Lenovo Tab M11 dengan Helio G88

Layar transparan pun muncul sebagai landasan yang menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan ini, menawarkan antarmuka interaktif yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@teknokompas)

Layar ThinkBook Transparent Display menggunakan panel Micro-LED dengan transparansi, kontras, dan kecerahan yang tinggi, membuka jalan bagi potensi masa depan dalam menggabungkan lingkungan nyata dan virtual dalam PC yang terintegrasi dengan AI.

"Dengan integrasi AI Generated Content (AIGC) sebagai alat penting, laptop yang dilengkapi layar transparan siap untuk bernavigasi dan beradaptasi secara efektif terhadap skenario penggunaan yang terus berkembang di masa depan," kata Butler.

Seperti laptop rollable tahun lalu, Lenovo belum berencana merilis ThinkBook Transparent Display Laptop sebagai perangkat konsumen.

Namun, Butler mengatakan dia memiliki “keyakinan yang sangat tinggi”, bahwa teknologi laptop layar transparan akan menjadikannya laptop konsumer sungguhan dalam lima tahun ke depan.

Lenovo adalah perusahaan terbaru dari sekian banyak perusahaan yang bereksperimen dengan tampilan transparan.

Baca juga: Lenovo Tab M11 Meluncur, Tablet Ramah Anak dengan Stylus

Sebelumnya, Samsung pernah memamerkan konsep laptop transparan lebih dari satu dekade lalu di CES 2010. Lenovo juga pernah memamerkan konsep smartphone transparan pada tahun 2015 melalui anak perusahaannya, Zuk Mobile, yang kini sudah tidak ada lagi.

Seiring berjalannya waktu, ada beberapa perusahaan yang sudah berupaya mengomersilkan layar transaparan pada elektronik.

Layar transparan telah banyak digunakan sebagai pajangan toko dan jendela gerbong kereta di Tiongkok dan Jepang. LG juga berencana mulai memasarkan TV transparan OLED Signature T tahun ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (27/2/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com