Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Smart Highway: Bayar Tol Tak Perlu Berhenti Buka Jendela

Kompas.com - 27/02/2024, 16:31 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol juga menjadi sasaran bisnis Telkomsel Enterprise, bukan sebagai pengelolanya, melainkan penyedia layanan infrastructure as a service, dengan memberikan solusi ekosistem Smart Highway.

Solusi ini diharapkan bisa mempermudah dan mempercepat pembayaran di gerbang tol, dengan memanfaatkan teknologi radio frequency identity (RFID).

"Solusi ini menggunakan teknologi RFID yang memicu agar pintu tom terbuka saat kendaraan mendekat, terintegrasi dengan aplikasi Flo," ujar General Manager - Enterprise Platform, IoT and Network Infrastructure Telkomsel, Gian Wijoyo di acara Solution Day yang digelar minggu lalu.

Stiker RFID Let It Flo yang terpasang di bagian lampu depan mobil.letitflo.id Stiker RFID Let It Flo yang terpasang di bagian lampu depan mobil.

Baca juga: Telkomsel Punya Solusi untuk Lacak Posisi Bagasi Pesawat

Solusi ini terdiri atas stiker RFID yang ditempel di bagian depan mobil, sensor yang ditempatkan di gerbang tol, dan pintu tol itu sendiri.

"Stikernya juga berwarna transparan ditempel di lampu mobil, sehingga tidak mengganggu estetika," ujar Gion.

Pinto tol dan sensor RFID yang digunakan untuk solusi Smart Highway.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto. Pinto tol dan sensor RFID yang digunakan untuk solusi Smart Highway.
Dengan solusi ini, Telkomsel ini meminimalisir waktu tunggu pembayaran gerbang tol, sehingga bisa mengurangi kemacetan di gerbang tol, apalagi di saat jam-jam sibuk.

Selain itu, dengan solusi Smart Highway ini, Telkomsel ingin memberikan pengalaman yang lebih seamless bagi pengendara mobil, mereka tidak perlu berhenti, membuka kaca dan menempelkan kartu tol untuk melakukan pembayaran.

Solusi ini juga bakal diintegrasikan dengan aplikasi Let it Flo, solusi pembayaran tol berbasis server dan teknologi RFID.

Pengguna jalan tol tidak perlu berhenti di gerbang tol untuk melakukan pembayaran secara manual. Mereka hanya perlu mengunduh aplikasi Let it Flo dan melakukan sinkronisasi dengan stiker RFID yang ditempatkan di bagian depan kendaraan mereka.

Baca juga: Iklan SMS di HP Jadi Lebih Menarik dengan Teknologi RCS

Dalam acara Solution Day 2024 tersebut, Telkomsel juga telah menandatangani nota kesepahaman bersama dengan Jasamarga Toll Road Operator, untuk melayani pelanggan segmen korporasi dalam menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan.

"Telkomsel harus menjadi telco service provider yang bisa empower untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dan akan menjadi andalan untuk setiap individu, rumah dan bisnis," ujar Direktur Utama Telkomsel, Nugroho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com