Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Topologi Tree dalam Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 03/03/2024, 03:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa hal dasar terkait topologi tree ketika tengah mempelajari jaringan komputer. Salah satu hal dasar itu seperti fungsi topologi tree dalam jaringan komputer.

Untuk diketahui, jaringan komputer merupakan sistem yang menghubungkan beberapa komputer agar bisa saling berkomunikasi, transfer data, dan berbagi sumber daya. Untuk menghubungkan beberapa komputer itu, jaringan komputer ditopang dengan topologi.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaannya

Dalam jaringan komputer, topologi adalah metode atau konfigurasi untuk menghubungkan beberapa komputer. Ada beberapa jenis topologi yang biasa dipakai dalam jaringan komputer. Salah satunya yang dibahas di artikel ini adalah topologi tree.

Topologi tree punya fungsi khas yang membedakan dengan jenis topologi lain. Fungsi tersebut perlu dipahami agar memudahkan pengguna untuk mengenali topologi tree dan membedakan dengan jenis topologi lain.

Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan seputar fungsi topologi tree dalam jaringan komputer. Lantas, apa fungsi topologi tree? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan mengenai fungsi topologi tree di bawah ini.

Pengertian topologi tree

Sebelum mengetahui fungsinya, pengguna ada baiknya memahami dulu apa itu topologi tree. Pengertian topologi tree perlu diketahui karena terdapat beberapa istilah atau konsep yang berkaitan dengan fungsinya nanti.

Lantas, apa yang dimaksud dengan topologi tree? Topologi tree adalah konfigurasi jaringan komputer di mana setiap komputer saling terhubung dalam sebuah hierarki. Dalam hierarki pada topologi tree, setidaknya terdapat tiga tingkat yang berbeda.

Topologi tree biasa disebut pula dengan topologi hierarkis karena dalam topologi ini, semua elemen yang terhubung diatur formatnya seperti cabang pohon. Format tersebut mirip dengan gabungan antara topologi star dan bus.

Topologi tree umumnya digunakan untuk mengatur transfer data antara node atau komputer server dan workstation di jaringan perusahaan.

Dalam topologi tree, dua node yang terhubung hanya dapat memiliki satu koneksi bersama, sehingga hanya ada satu tautan di antara mereka.

Sebagaimana sempat disinggung di atas, dalam jaringan komputer, topologi tree kadang-kadang dikenal juga sebagai topologi star-bus karena konfigurasinya menggabungkan fitur dari kedua topologi itu untuk menciptakan struktur mirip pohon.

Dalam topologi ini, setiap saluran cabang berisi dengan konfigurasi dari topologi star. Kemudian, untuk saluran atau struktur utamanya, topologi tree dirancang menggunakan konfigurasi dari topologi bus.

Saluran utama atau bus dalam topologi tree bisa terhubung ke satu atau lebih bus dan perangkat penghubung switch. Kemudian, saluran bus akan terhubung ke satu atau lebih node dalam jaringan secara bercabang.

Topologi tree bisa dibilang adalah metode untuk menghubungkan jaringan komputer yang sangat fleksibel. Sebab, pengguna bisa menambahkan node ke jaringan ini hanya dengan memperluas jaringan di setiap cabang.

Meski sangat fleksibel, topologi tree punya salah satu kelemahan yang cukup krusial. Dalam topologi tree, jika node utama mengalami gangguan atau rusak, semua sistem jaringan akan mengalami gangguan pula karena semua node terhubung dengan node utama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com