Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edge DC Resmikan Data Center EDGE2 di Jakarta, Punya Kapasitas 23 MW

Kompas.com - 29/02/2024, 11:31 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak perusahaan penyedia jaringan internet Indoninternet (Indonet), Edge DC, meresmikan data center atau pusat data kedua yang berlokasi di Jakarta. Data center atau pusat data bernama EDGE2 tersebut memiliki kapasitas mencapai 23 megawatt (MW).

Edge DC sendiri sebelumnya sudah memiliki data center EDGE1 yang lokasinya tidak jauh dari pembangunan EDGE2. Data center EDGE2 yang berlokasi di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan ini dilengkap dengan teknologi untuk memenuhi kebutuhan hyperscale dan Artificial Intelligence yang meningkat.

Menurut CEO Edge DC Stephanus Oscar, didirikannya data center EDGE2 menandai lompatan yang signifikan. EDGE2 menurut Oscar, dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang kian berkembang sejalan dengan perkembangan digitalisasi.

"Kami percaya bahwa pencapaian EDGE2 mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keunggulan dan inovasi dalam lanskap infrastruktur digital di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan bahwa infrastruktur menjadi kebutuhan paling mendasar dalam proses digitalisasi.

Baca juga: Bagaimana Perkembangan Mutakhir Data Center di Indonesia?

Oleh karena itu, kehadiran data center menjadi salah satu yang dibutuhkan di Indonesia. Semuel mengatakan, kehadiran EDGE2 turut memenuhi kebutuhan data center di Tanah Air.

"Kebutuhan data center meningkat, yang paling dasar adalah data center. Dibutuhkan rumah untuk menyimpan atau memproses," kata Semuel dalam acara peresmian data center EDGE2 di Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2024).

Data center kedua milik Edge DC ini memiliki kapasitas (IT load) sebesar 23 MW. Kapasitas ini tiga kali lipat lebih besar dari EDGE1 yang berkapasitas 6 MW. Data center EDGE2 mampu menampung lebih dari 3.400 rak server.

EDGE2 menawarkan skalabilitas dan opsi konektivitas ke lebih dari 50 operator jaringan dan beberapa Internet Exchange yang telah berada di EDGE1, termasuk Indonesia Internet Exchange (IIX) serta Edge Peering Internet Exchange (EPIX).

EDGE2 diklaim menjadi fasilitas data center paling efisien di Indonesia. Data center ini memiliki nilai Power Usage Effectiveness (PUE) sebesar 1,24. Nilai PUE data center dianggap positif jika berkisar di angka 1.

Fasilitas data center EDGE2 ini ditunjang oleh Dual Power Source PLN Platinum dengan jaminan uptime yang baik. Hal ini diharapkan dapat menjamin kelangsungan bisnis para pelanggan.

Baca juga: Telkom Akan Bangun Data Center di IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com