Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Topologi Star dalam Jaringan Komputer dan Cara Kerjanya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 20/03/2024, 01:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa pengetahuan dasar yang perlu diketahui pengguna ketika mempelajari jaringan komputer. Salah satu pengetahuan dasar itu seperti ciri-ciri topologi star dalam jaringan komputer yang membedakan dengan jenis topologi lain.

Perlu diketahui, jaringan komputer adalah sistem untuk menghubungkan beberapa komputer agar dapat saling berkomunikasi, transfer data, dan berbagi sumber daya. Untuk menghubungkan beberapa komputer, jaringan komputer ditopang dengan topologi jaringan.

Baca juga: Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Topologi adalah konfigurasi untuk menghubungkan beberapa komputer atau node dalam satu jaringan. Dalam jaringan komputer, ada beberapa jenis topologi yang umum digunakan, salah satunya seperti yang dibicarakan saat ini, yaitu topologi star.

Tiap topologi dalam jaringan komputer memiliki ciri-ciri atau karakteristik tertentu, tak terkecuali topologi star. Saat mempelajari jaringan komputer, pengguna kiranya perlu untuk mengetahui ciri-ciri topologi star.

Ciri-ciri topologi star perlu dipelajari agar pengguna dapat membedakannya dengan jenis topologi lain dalam jaringan komputer. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap karakteristik topologi star.

Lantas, apa saja karakteristik dari topologi star? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai karakteristik topologi star dalam jaringan komputer yang membedakannya dengan jenis topologi lain.

Pengertian topologi star

Sebelum mengetahui karakteristiknya, ada baiknya pengguna memahami dulu pengertian topologi star. Sebab, pengertian topologi star mengandung istilah yang penting diketahui untuk memahami ciri-cirinya nanti. Lantas, apa yang dimaksud dengan topologi star?

Topologi star adalah konfigurasi jaringan di mana setiap komputer atau node terhubung ke sebuah perangkat pusat atau biasa disebut Hub/Switch. Seperti namanya, topologi star memiliki konfigurasi jaringan dengan struktur seperti bintang.

Topologi star merupakan salah satu konfigurasi jaringan komputer yang paling umum digunakan. Dalam konfigurasi jaringan ini, semua perangkat yang terhubung ke perangkat Hub terangkai seperti struktur bintang.

Topologi star berbeda dengan topologi mesh. Dalam topologi star, sebuah node atau komputer tidak dapat langsung berkomunikasi dengan node lainnya, tetapi harus melalui bantuan dari perangkat Hub.

Kemudian, perangkat komputer periferal dalam topologi ini akan berfungsi sebagai klien, sedangkan perangkat jaringan pusat seperti Hub akan berfungsi sebagai server. Topologi star menggunakan kabel RJ-45 atau koaksial untuk menghubungkan beberapa node.

Dalam topologi bintang, semua perangkat yang terhubung sepenuhnya bergantung pada perangkat pusat atau Hub. Proses komunikasi dari seluruh node di jaringan komputer akan gagal jika perangkat pusat mengalami masalah.

Instalasi topologi bintang pada jaringan komputer itu relatif mudah. Topologi ini sudah banyak dipakai untuk membuat jaringan pada berbagai institusi, seperti rumah sakit, bank, lembaga pendidikan, dan bandara.

Itulah penjelasan mengenai apa itu topologi star yang perlu dipahami dulu. Selanjutnya, untuk ciri-ciri topologi star, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Ciri-ciri topologi star

Terdapat ciri-ciri topologi star yang membedakannya dengan jenis topologi lain dalam jaringan komputer. Misalnya, topologi star memiliki konfigurasi jaringan dengan struktur seperti bintang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com