Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Kolak Pisang Naik 21 Persen di Tokopedia di Awal Ramadhan

Kompas.com - 21/03/2024, 08:30 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com -Selama awal bulan Ramadhan 2024 ini, Tokopedia mencatat transaksi di subkategori Minuman menjadi salah satu produk yang paling laris di kategori Makanan dan Minuman.

Bahkan, menurut External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, penjualan kolak pisang secara nasional di Tokopedia mengalami lonjakan hingga 21 kali lipat, selama awal bulan Ramadhan 2024.

"Kolak pisang juga sangat populer untuk dijadikan menu takjil di bulan Ramadhan. Di Jawa Barat sendiri, penjualan kolak pisang pun mencapai 29 kali lipat," ujar Rizky.

Tokopedia pun mencatat berbagai minuman dingin sebagai takjil buka puasa mengalami kenaikan penjualan yang signifikan selama awal bulan Ramadhan 2024, dibandingkan periode yang sama di bulan sebelumnya.

Baca juga: TikTok Resmi Akuisisi Tokopedia, Nilai Investasi Rp 23 Triliun

"Misalnya, jus buah secara nasional mengalami kenaikan transaksi di Tokopedia hingga lebih dari 1,5 kali lipat di awal bulan Ramadan 2024," ujar Rizky dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Kamis (21/3/2024).

Ada pula, es cendol yang turut mengalami kenaikan hampir tiga kali lipat secara keseluruhan di Tokopedia saat awal bulan Ramadan 2024.

Transaksi takjil populer lainnya untuk buka puasa seperti es kopyor, meningkat lebih dari tiga kali lipat secara keseluruhan di Tokopedia.

Geliat industri makanan dan minuman terus melesat dari tahun ke tahun, tidak terkecuali setiap Ramadan.

Melihat potensi industri makanan dan minuman yang masih sangat besar, Tokopedia dikatakan Rizky terus mengusung kampanye Tokopedia NYAM! untuk menyediakan panggung yang seluas-luasnya bagi pelaku usaha, khususnya UMKM lokal makanan dan minuman.

Baca juga: 7 Aplikasi Resep Makanan untuk Sahur dan Buka Puasa selama Ramadhan 2024

Selain Tokopedia NYAM!, Tokopedia menghadirkan berbagai kampanye lain untuk memudahkan masyarakat mendapatkan makanan dan minuman dari para pelaku usaha lokal, terutama saat Ramadan.

Seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) halaman kurasi produk penjual dari lokasi pembeli serta Dilayani Tokopedia yang memungkinkan penjual menitipkan produk makanan dan minuman kemasan di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com