Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy M15 5G Segera Masuk Indonesia, Intip Spesifikasinya

Kompas.com - 14/05/2024, 17:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung bakal segera memboyong smartphone barunya dari keluarga M-series ke pasar Indonesia. Ponsel tersebut disinyalir adalah Galaxy M15 5G.

Sebelumnya, Samsung telah merilis Galaxy M15 5G di pasar India pada awal April 2024.

Kini, indikasi Samsung Galaxy M15 5G segera meluncur di Indonesia semakin kuat dengan kemunculannya di halaman sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di laman Kementerian Perindustrian (Kemenperin). 

Berdasarkan penelusuran KompasTekno, Selasa (14/5/2024), Samsung M15 5G memiliki kode nomor “SM-156B” dan sudah mengantongi nilai TKDN sebesar 37,50 persen.

Baca juga: Samsung Galaxy M15 5G Resmi, Bawa Kamera 50 MP dan Baterai 6.000 mAh

Kode nomor yang sama juga muncul di laman sertifikasi India, Bureau of India Standars (BIS).

Kemunculan Samsung M15 5G dengan kode nomor SM-156B di laman TKDN Kementerian Perindustrian (Kemenperin)TKDN Kemenperin Kemunculan Samsung M15 5G dengan kode nomor SM-156B di laman TKDN Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

Sertifikasi tersebut didaftarkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia untuk kategori produk “Smartphone” yang sudah mendukung jaringan 5G. Sayangnya, keterangan spesifikasi yang ditampilkan masih minim. Tidak diketahui fitur-fitur apa saja yang ditawarkan.

Sedikit informasi, vendor smartphone atau perusahaan elektronik yang ingin menjual produknya ke Indonesia, harus terlebih dulu mengantongi sertifikasi TKDN. Dengan artian, perangkat yang sudah lolos TKDN, kemungkinan besar bakal segera masuk Tanah Air dalam waktu dekat.

Kendati begitu, pihak Samsung Indonesia masih belum memberikan woro-woro ataupun pernyataan resmi soal kedatangan Galaxy M15 5G ke Indonesia. Yang jelas, kemunculan Samsung M15 5G di website TKDN bisa dijadikan sebagai salah satu bukti kuat.

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, ponsel seri-M Samsung ini pun sudah debut di India bulan lalu. Di Negeri Anak Benua itu, Samsung M15 disokong dengan baterai jumbo, dilengkapi kamera 50 MP, dan mengandalkan System-on-Chip (SoC) besutan MediaTek. 

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy M14 Versi 4G, Versi Turun Kelas M14 5G

Sembari menunggu kehadiran Samsung M15 5G resmi di Indonesia, spesifikasi smartphone versi India tadi bisa dijadikan gambaran. 

Spesifikasi Samsung M15 5G

Samsung Galaxy M15 5G meluncur di IndiaGSMArena Samsung Galaxy M15 5G meluncur di India

Samsung M15 5G ditenagai oleh SoC MediaTek Dimensity 6100 Plus yang terdiri dari delapan inti (octa-core). SoC ini memiliki kecepatan mencapai 2,2 Ghz dan dipadu dengan RAM 4/6 GB dan storage (penyimpanan) seluas 128 GB. Ruang penyimpanan bisa diperluas hingga 1TB lewat slot microSD yang tersedia.

Antarmuka yang menghiasi layar ponsel adalah OneUI 6 berbasis Android 14. Smartphone ini juga menunggulkan dayanya karena memiliki baterai berkapasitas 6.000mAh dan mendukung fast charging berdaya 25 watt.

Baterai diklaim dapat bertahan hingga 23 jam untuk penggunaan internet LTE dan Wi-Fi, hingga 25 jam pemutaran video playback, dan 128 jam untuk pemutaran audio.

Soal fotografinya, ponsel Android Samsung ini dilengkapi kamera utama 50 MP (f/1.8) dengan zoom 10x, kamera ultrawide 5 MP (f/2.2), dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Trio kamera ditemani lampu kilat LED dan disusun vertikal dan dibenamkan ke punggung, tanpa modul.

Baca juga: Tinggalkan AMD, Samsung Pakai GPU Buatan Sendiri di Exynos 2600?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com