Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Android Pertama Poco Segera Masuk Indonesia?

Kompas.com - 23/05/2024, 19:01 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Sub-merek produsen ponsel Xiaomi, Poco dikabarkan bakal merilis perangkat tablet Android pertama mereka dalam waktu dekat. Konon, nama tablet tersebut adalah Poco Pad dan akan memiliki tampilan serta spesifikasi serupa dengan Redmi Pad Pro. 

Nah, kini, tablet misterius Poco yang belum diluncurkan di pasar global tersebut sudah mendapatkan izin edar di Indonesia, sehingga bisa dipastikan akan dipasarkan di Tanah Air. 

Hal ini mencuat berkat perangkat terbaru Poco yang sudah mendapatkan sertifikat perangkat pos dan telekomunikasi (Postel) dari Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). 

Baca juga: Poco Siap Rambah Bisnis Tablet Android?

Dalam daftar sertifikat yang sudah terbit, disebutkan perangkat ini memiliki tipe "Tablet Computer" dengan merek "Poco" dan tipe atau nomor model "2405CPCFBG". Sertifikat ini memiliki nomor 99362/SDPPI/2024 dan sudah terbit pada 17 Mei 2024 lalu. 

Belum ada informasi apakah perangkat tersebut memang benar untuk Poco Pad atau tidak. Terlebih, nama resmi tablet pertama Poco juga belum tentu Poco Pad.

KompasTekno telah menghubungi pihak Poco Indonesia terkait kemunculan tablet terbarunya yang sudah mendapatkan sertifikat Postel dari Dirjen SDPPI Kemenkominfo. Namun, Poco Indonesia belum bisa memberikan kepastian ketersediaan produk tersebut di Tanah Air.

Tablet pertama Poco yang sudah dapat sertifikat Postel dari Dirjen SDPPI Kemenkominfo.Kemenkominfo Tablet pertama Poco yang sudah dapat sertifikat Postel dari Dirjen SDPPI Kemenkominfo.

Bocoran spesifikasi Poco Pad

Nah, meski informasi peluncuran dan ketersediaannya di pasar global dan Indonesia belum diumbar, bocoran desain dan spesifikasi tablet tersebut sudah tersebar di internet. 

Poco Pad disinyalir bakal mengusung desain dan spesifikasi yang serupa dengan Redmi Pad Pro yang dirilis di China sekitar April lalu. 

Redmi Pad Pro juga sebelumnya sudah mendapatkan sertifikat Postel dari Dirjen SDPPI Kemenkominfo lebih dulu, yaitu pada 7 Mei 2024 lalu dengan nomor model "2405CRPFDG".

Baca juga: Bukti Tablet Xiaomi Redmi Pad Pro Segera Masuk Indonesia

Kembali ke spesifikasi Poco Pad, tablet ini mungkin akan dibekali dengan layar IPS LCD 12,1 inci (2.560 x 1.600 piksel, 16:0) yang memiliki refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan 600 nits, dan dilindungi kaca Gorilla Glass 3.

Dapur pacu Poco Pad kabarnya mengandalkan chip Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2, yang dipadukan dengan RAM 6 GB atau 8 GB, serta media penyimpanan sebesar 128 GB atau 256 GB. 

Dari segi desain, Poco Pad kabarnya akan dihiasi dua buah modul lingkaran berukuran besar yang masing-masing memuat kamera belakang 8 MP dan LED flash, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Kamis (23/5/2024).

Kamera depan Poco Pad, yang juga beresolusi 8 MP, konon akan ditempatkan di bingkai layar di salah satu sisi panjangnya, sehingga akan bertengger di atas layaknya webcam laptop ketika perangkat digunakan dalam orientasi horizontal (landscape).

Fitur pendukung Poco Pad Pro lainnya konon adalah speaker berteknologi Dolby Atmos, baterai super jumbo 10.000 mAh, fast charging 33 watt, serta sistem operasi Android 14 yang dipoles dengan tampilan antarmuka HyperOS. 

Belum bisa dipastikan apakah bocoran spesifikasi Poco Pad di Indonesia ini akurat atau tidak. Kita nantikan saja kabar pastinya dalam waktu dekat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com