Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Setting Android untuk Menghemat Baterai

Kompas.com - 04/06/2024, 16:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Peringatan "low batt" adalah momok bagi pengguna gadget. Selain dari penggunaan intens, kapasitas yang kecil, atau kombvinasi keduanya, penyebab batera boros mungkin saja beberapa fitur di perangkat yang berjalan terus menerus.

Sebagian fitur di Android, misalnya, bisa turut andil mengurangi baterai dengan cukup signifikan. Ada baiknya matikan saja fitur seperti ini jika tidak terpakai untuk meperpanjang daya tahan perangkat.

Baca juga: Hati-hati, 10 Kebiasaan Ini Bikin Boros Baterai Smartphone

Selain itu, Android juga menyediakan sejumlah setelan yang bisa menghemat baterai apabila diaktifkan. Nah, kira-kira apa saja opsi yang bisa Anda atur? Berikut 10 di antaranya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Selasa (4/6.2024).

1. Matikan Always-on Display

Opsi pengaturan Always-on Display di AndroidKOMPAS.com/ OIK YUSUF Opsi pengaturan Always-on Display di Android
Salah satu pengguna daya terbesar adalah tampilan layar, termasuk always-on display yang senantiasa memperlihatkan informasi waktu, tanggal, cuaca, serta hal-hal lain.

Always-on Display mungkin diklaim hanya menggunakan sedikit daya baterai, tapi kenyataannya justru sebaliknya. Sebuah pengujian oleh DxO Mark, misalnya, menemukan bahwa Always-on Display bisa membikin perangkat kehabisan baterai hingga 4 kali lebih cepat.

Jika Anda tak terlalu membutuhkan informasi yang ditampilkan di layar sepanjang waktu, ada baiknya matikan saja Always-on Display atau atur hanya tampil dalam waktu singkat saja untuk menghemat daya perangkat.

2. Nyalakan Adaptive Battery

Adaptive Battery adalah satu fitur Android yang bisa menghemat pemakaian baterai dengan cara mengatur kinerja dan efisiensi secara otomatis di latar belakang.

Misalnya, saat Anda hanya membuka-buka inbox e-mail sehingga tidak membutuhkan performa maksimal, Adaptive Battery akan menurunkan kinerja dengan throttling sehingga mengirit pemakaian baterai.

Baca juga: 7 Fitur yang Bikin Baterai Smartphone Cepat Habis

Fitur Adaptive Battery bisa diakses lewat menu baterai di settings. Untuk mengaktifkannya, cukup geser toggle yang tersedia ke posisi "on".

3. Aktifkan Dark Mode

Opsi Dark Mode dan pengaturan kecerahan layar di menu settings AndroidKOMPAS.com/ OIK YUSUF Opsi Dark Mode dan pengaturan kecerahan layar di menu settings Android
Sesuai namanya, fitur dark mode mengubah warna tampilan antarmuka perangkat Android menjadi serba gelap. Layar pun hanya membutuhkan lebih sedikit pencahayaan alias backlight sehingga menghemat pemakaian baterai.

Penghematan baterai lebih terasa di perangkat dengan tipe layar OLED yang bisa meredupkan atau mematikan backlight per piksel, ketimbang LCD yang memakai backlight untuk menerangi seluruh layar.

Riset menunjukkan bahwa dark mode sebenarnya lebih menghemat daya dibanding light mode reguler di setting brightness tinggi. Namun, kontribusinya tetap lumayan untuk menghindari situasi low batt.

4. Persingkat sleep timer, kurangi brightness

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, semakin besar pula konsumsi baterainya. Karena itu, jika tidak diperlukan seperti saat berada di dalam ruangan atau situasi low-light, sebaiknya atur brightness di tingkat rendah saja.

Android juga menyediakan pengaturan sleep timer atau screen timeout yang akan mematikan layar secara otomatis apabila perangkat tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu, misalnya saat hanya ditaruh di atas meja.

Baca juga: 2 Cara Cek Aplikasi yang Boros Baterai di HP Android dan iPhone

Anda bisa mengatur sleep timer agar mematikan layar dalam waktu singkat, misalnya 10 detik, agar tak terlalu lama membiarkan display menyala sehingga memboroskan baterai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com