Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Desak Pengguna Windows 10 Segera "Upgrade"

Kompas.com - 27/05/2024, 14:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Mayoritas pengguna PC desktop global masih pakai sistem operasi Windows 10. Padahal, OS dektop ini dijadwalkan bakal pensiun pada 14 Oktober 2025.

Microsoft pun kembali mengingatkan pengguna soal masa hidup Windows 10 bakal berakhir dalam waktu dekat lewat spanduk besar di laman resminya.

Microsoft mengimbau pengguna untuk segera beralih ke Windows 11 yang lebih baru. Sebab, Windows 10 tidak akan mendapatkan pembaruan keamanan atau dukungan teknis setelah pensiun.

Berikut isi pengumuman Microsoft di laman resminya:

Dukungan untuk Windows 10 akan berakhir pada Oktober 2025.
Setelah 14 Oktober 2025, Microsoft tidak lagi menyediakan pembaruan keamanan atau dukungan teknis untuk Windows 10. PC Anda akan tetap berfungsi. Namun, kami menyarankan untuk beralih ke Windows 11.

Baca juga: 4 Versi Windows 10 Ini Sebentar Lagi Pensiun

Selain pengumuman, laman Microsoft juga menampilkan posting yang menyoroti fitur-fitur Windows 11 yang lebih baru. Microsoft menyebut, dengan upgrade ke Windows 11, pengguna bakal mendapatkan peningkatan fitur keamanan, peningkatan kinerja, dan antarmuka yang lebih modern.

Microsoft juga menyediakan tautan khusus perbandingan antara Windows 10 dan Windows 11, serta panduan terperinci untuk membeli laptop baru yang kompatibel dengan Windows 11.

Microsoft mengingatkan pengguna bahwa Windows 10 bakal pensiun pada 14 Oktober 2025.Microsoft Microsoft mengingatkan pengguna bahwa Windows 10 bakal pensiun pada 14 Oktober 2025.
Ini merupakan kampanye lanjutan yang dilakukan Microsoft untuk meyakinkan pengguna PC desktop Windows untuk beralih ke Windows 11.

Kampanye ini tebilang lebih halus dibanding sebelumnya yang menggunakan iklan pop-up. Iklan pop-up yang muncul di PC Windows 10 itu meminta pengguna untuk melakukan upgrade ke Windows 11.

Sebenarnya, tanggal pensiun Windows 10 ini sebenarnya sudah ditetapkan sejak pertama kali dirilis pada 29 Juli 2015 lalu. Ketika itu, Microsoft menyatakan bahwa extended support untuk Windows 10 berakhir pada 14 Oktober 2020.

Namun, hingga kini, Microsoft masih mendukung Windows 10 agar penggunanya bisa perlahan bertransisi ke sistem operasi baru, Windows 11.

Baca juga: Windows 10 Bisa Tetap Dapat Update Setelah Pensiun, tapi Ada Harganya

Pengguna Windows 10 masih banyak

Sistem operasi Windows 11 telah diperkenalkan dan bisa di-download pengguna secara gratis sejak Oktober 2021. Meski begitu, sejumlah besar pengguna masih banyak yang mengandalkan Windows 10 karena stabilitas dan desainnya yang lebih familier.

Per Maret 2024, Windows 10 menguasai lebih dari 69 persen pangsa pasar desktop di seluruh dunia. Jumlah tersebut meningkat hampir dua poin dari bulan Februari. Sebaliknya, Windows 11 merebut 26,7 persen pangsa pasar di bulan Maret, turun dari 28,16 persen di bulan Februari.

Perbedaan Windows 11 dan Windows 10Fossbytes Perbedaan Windows 11 dan Windows 10
Ada beberapa alasan pengguna tidak upgrade OS desktop miliknya ke Windows 10.

Misalnya, sejumlah pengguna tidak menyukai desain antarmuka Windows 11 yang baru. Pasalnya, tampilan antarmuka Windows 11 kini menampilkan taskbar dan tombol Start di sisi tengah, bukan mepet kiri lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com