Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan Konsol Advan X-Play, Asus ROG Ally, Lenovo Legion Go dan MSI Claw

Kompas.com - 28/05/2024, 15:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen elektronik asal Indonesia, Advan resmi meluncurkan konsol genggam (handheld) Advan X-Play pada Mei 2024 ini. Advan X-Play disebut sebagai konsol handheld pertama bikinan pabrikan lokal.

Advan X-Play menambah panjang daftar konsol handheld yang dirilis secara resmi di Indonesia. Sebelumnya, sudah ada Asus ROG Ally, Lenovo Legion Go, dan MSI Claw A1M yang dirilis di Tanah Air.

Lantas, seperti apa saja perbedaan Advan X-Play dan konsol handheld lainnya? Simak daftar perbedaannya di bawah ini.

Baca juga: Advan Rilis X-Play, Konsol Game Pesaing Steam Deck dan ROG Ally

Desain

Gambar Konsol Advan X-Play (kiri atas), ROG Ally (kanan atas) dan Steamdeck (di bawah)Advan, PCGamesn, Wired Gambar Konsol Advan X-Play (kiri atas), ROG Ally (kanan atas) dan Steamdeck (di bawah)
Advan X-Play memiliki dimensi 276,35 x 118 x 22,5 mm sehingga lebih pendek dibanding Lenovo Legion Go (298,83 mm x 131 mm x 40,7 mm), MSI Claw (294 x 117 x 21,2 mm),  Asus ROG Ally (279,9 x 110,9 x 21 hingga 32 mm), dan Steam Deck OLED (298 mm x 117 mm x 49 mm).

Advan tidak mengumbar bobot dari konsol handheld-nya.

Secara desain, konsol ini sekilas mirip dengan Asus ROG Ally karena sama-sama mengadopsi warna putih. Sebagai perbandingan, baik Lenovo Legion Go maupun MSI Claw dibalut warna hitam.

Tata letak (tombol) Advan X-Play mirip dengan ROG Ally, karena sama-sama menghadirkan tombol directional pad (D-pad), tombol analog, dan tombol pendukung di sebelah kiri.

Sementara itu, sisi kanannya dihias tombol ABXY ala Xbox, tombol analog, dan tombol bantuan.

Baca juga: Konsol Gaming Handheld Asus ROG Ally X Diumumkan, Hardware Bakal Naik Kelas

Perbedaannya, tombol ABXY di Advan X-Play dibalut warna, baik teks maupun latar belakang tombol. Tombol A dihias dengan warna biru, B dengan warna hijau, Y dengan warna merah, dan X dengan warna kuning.

Sementara itu, tombol A di ROG Ally berwarna biru, B dengan warna ungu, Y dengan warna merah jambu, dan X dengan warna hijau. Latar belakang tombol ini berwarna hitam alias tidak mengikuti warna teks.

Tata letak tombol ini masih sama seperti MSI Claw, Lenovo Legion Go, dan Steam Deck OLED, walaupun Advan X-Play tidak dilengkapi touchpad layaknya Steam Deck atau Legion Go.

Masih bicara soal tombol, bagian atas kiri konsol dilengkapi tombol LB dan LT sedangkan bagian kanan menggunakan tombol RB dan RT. Kemudian di belakang, ada tombol M1 dan M2 mirip seperti tombol belakang di ROG Ally, MSI Claw, dan Steam Deck OLED.

Layar

Advan X-Play mengusung layar IPS 7 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080) piksel dan refresh rate 120 Hz. Layar ini mendukung touch screen.YouTube Advan X-Play mengusung layar IPS 7 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080) piksel dan refresh rate 120 Hz. Layar ini mendukung touch screen.
Konsol pertama Advan ini mengusung layar IPS 7 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dan refresh rate 120 Hz. Layar ini mendukung sentuhan (touch screen) untuk mempermudah navigasi layar.

Spesifikasi panel ini mirip seperti Asus ROG Ally dan MSI Claw, tetapi berbeda dari Lenovo Legion Go yang dibekali layar 8,8 inci dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel dan refresh rate 144 Hz.

Sebagai perbandingan lebih lanjut, Steam Deck OLED mempunyai layar OLED 7,4 inci dengan refresh rate 90 Hz. Di sisi lain, Nintendo Switch OLED menghadirkan panel OLED 7 inci dengan resolusi 1.280 x 720 piksel.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com