Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Store Pertama di Malaysia Dibuka 22 Juni 2024

Kompas.com - 30/05/2024, 09:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple akhirnya memastikan akan membuka Apple Store pertamanya di Malaysia pada 22 Juni 2024 pukul 10.00 waktu setempat.

Apple Store perdana di Negeri Jiran itu beralamat di L1.40 The Exchange TRX, Persiaran TRX, Tun Razak Exchange, 55188 Kuala Lumpur. Lokasi ini merupakan jantung distrik keuangan internasional Kuala Lumpur.

"Kami bersiap untuk membuka Apple Store pertama kami di Malaysia. Kami tidak sabar untuk bertemu Anda. Jom (Ayo)!" tulis Apple di laman resmi Apple Malaysia, sebagaimana dikutip KompasTekno, Kamis (30/5/2024).

Apple belum membagikan desain Apple Store perdananya itu di Malaysia. Namun, akun Instagram dengan handle @malaysia.shoppingmall membagikan carousel berisi 8 foto yang memperlihatkan penampakan luar Apple Store Malaysia.

Baca juga: Fanboy Harap Bersabar, Apple Store di Indonesia Masih Sebatas Janji

Lewat posting tersebut, kita bisa melihat bahwa Apple Store perdana Malaysia ini memiliki desain atap yang berundak berwarna abu-abu muda.

Dinding-dinding luar Apple Store Malaysia dihiasi tulisan seperti "Jom" (slang Let's go! dalam bahasa Malaysia), "Malaysia", hingga logo Apple dengan informasi hari pembukaan pada 22 Juni 2024.

Di depan Apple Store, ada plang hitam khas Apple Store, seperti gambar di bawah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Malaysia Shopping Mall (@malaysia.shoppingmall)

Selama ini, Malaysia tidak memiliki Apple Store fisik. Namun, Malaysia sudah memiliki toko Apple Store online resmi. Hal ini terlihat dari laman Apple Malaysia (apple.com/my) yang menyediakan opsi pembelian langsung di dalam situsnya.

Dengan hadirnya Apple Store fisik secara resmi, konsumen bisa langsung mendapatkan akses ke produk terbaru lebih cepat, mudah, dan lebih banyak dibanding lewat pengecer.

Selain itu, Apple fanboy (sebutan untuk para pencinta gadget Apple) bakal mendapatkan dukungan pelanggan yang lebih naik, termasuk soal bantuan teknis, perbaikan, hingga layanan purnajual (after sales).

Kapan Indonesia punya Apple Store?

Ilustrasi Apple Store. Alasan Vietnam lebih tertarik berinvestasi di Vietnam daripada Indonesia.UNSPLASH/CHRIS NAGAHAMA Ilustrasi Apple Store. Alasan Vietnam lebih tertarik berinvestasi di Vietnam daripada Indonesia.
Toko resmi di Malaysia ini bakal menjadi Apple Store keenam yang dibuka Apple di Asia Tenggara. Sebelumnya, Apple membuka tiga Apple Store di Singapura dan dua di Thailand.

Lantas, kapan Indonesia punya toko fisik Apple Store resmi? Hingga saat ini, belum ada informasi resmi kapan (atau apakah) Indonesia akan memiliki toko Apple Store fisik seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Meski begitu, tanda-tanda Apple Store pertama dibuka di Indonesia semakin kuat beberapa waktu belakangan ini.

Baca juga: Begini Respons Tim Cook saat Diminta Bikin Pabrik dan Apple Store di Indonesia

1. Bikin akun YouTube dalam bahasa Indonesia

Tanda-tanda awalnya berasal dari keberadaan akun YouTube resmi Apple yang berbahasa Indonesia. Akun YouTube dengan handle @AppleIndonesia itu memposting sejumlah video yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Pantauan KompasTekno, akun ini dibuat sejak 22 Desember 2022 lalu. Sampai saat ini, baru ada tiga belas video yang diunggah. Video yang terakhir yang diunggah adalah perkenalan iPhone 15 Pro dengan subtitle bahasa Indonesia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com