Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Rilis Dua Air Purifier Baru di Indonesia, Harga mulai Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 09/06/2024, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi merilis air purifier alias alat penjernih udara baru di Indonesia pada awal Juni 2024. Ada dua air purifier baru yang ditawarkan Xiaomi, yaitu Smart Air Purifier 4 dan Smart Air Purifier Elite.

Bukan sekadar penjernih udara saja, dua produk baru Xiaomi ini juga diklaim bermanfaat bagi kesehatan. Sebab, Xiaomi Smart Air Purifier diklaim bisa menyaring alergen, menyaring jamur, hingga membersihkan udara dari tungau serta debu.

Xiaomi Smart Air Purifier 4 dan Smart Air Purifier Elite pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Perbedaannya terletak pada jangkauan area yang bisa dicakup perangkat serta dimensi produknya.

Karena perbedaan itu, output daya maksimum perangkat ini juga tak seragam, di mana Smart Air Purifier Elite, produk yang lebih tinggi, memerlukan daya sampai 60 watt. Sementara Smart Air Purifier 4, hanya membutuhkan daya 30 watt.

Berikut spesifikasi masing-masing produk.

Baca juga: 7 Air Purifier Murah 1 Jutaan untuk Bersihkan Udara

Xiaomi Smart Air Purifier Elite

Xiaomi Smart Air Purifier Elite didesain menyerupai tabung dengan memiliki dimensi 310 × 730 mm. Perangkat ini mampu mencakup area efektif hingga 125 meter persegi. Artinya, jangkauan Smart Air Purifier Elite untuk membersihkan udara dan lain sebagainya, sampai 125 persegi.

Xiaomi mengeklaim produk ini mampu menangkap 99,98 persen partikel sekecil 0,3 mikron, mengurangi 99,9 persen virus Influenza A (H1N1) di udara, dan menghilangkan lebih dari 99 persen alergen dalam satu jam.

Smart Air Purifier Elite dilengkapi Sertifikasi Perawatan Alergi TÜV Rheinland serta layar sentuh OLED yang menampilkan data PM2.5 secara real-time, suhu, kelembaban, dan indikator partikel kasar (alergen).

Perangkat ini juga tidak begitu bising lantaran tingkat kebisingan terendah adalah 20,2 dB(A) dalam mode tidur. Sementara daya output maksimum Smart Air Purifier Elite adalah 60 watt.

Xiaomi Smart Air Purifier 4

Xiaomi Smart Air Purifier 4 memiliki dimensi yang lebih ramping dibanding model Elite. Dimensinya yaitu 250 x 250 x 555 mm.

Xiaomi Smart Air Purifier 4Xiaomi Xiaomi Smart Air Purifier 4

Karena lebih ramping, jangkauan area efektifnya juga lebih kecil, yaitu 28-48 meter persegi.

Kendati demikian, produk ini diklaim dapat menjernihkan udara dengan efisiensi filtrasi 99,97 persen untuk partikel halus (0,3 mikron), tingkat penghapusan 99,99 persen untuk virus H1N1, dan lebih dari 99 persen penghapusan alergen dalam satu jam.

Seperti model Elite, Smart Air Purifier 4 sudah mendapatkan Sertifikasi Perawatan Alergi TÜV Rheinland. Produk ini juga dilengkapi layar sentuh OLED yang menampilkan data PM2.5 secara real-time, suhu, dan kelembaban.

Adapun tingkat kebisingan terendahnya adalah 20,6 dB dengan daya output maksimum 30 watt.

Baca juga: 5 Tips Beli Air Purifier untuk Mengurangi Paparan Polusi Udara di Ruangan

Harga Air Purifier Xiaomi terbaru

Xiaomi Smart Air Purifier 4 sudah tersedia untuk konsumen di Indonesia lewat toko resmi Xiaomi atau marketplace rekanan Xiaomi di Tanah Air. Sementara Smart Air Purifier Elite akan mulai tersedia pada Selasa (25/6/2024). Rincian harga kedua air purifier ini adalah sebagai berikut:

  • Xiaomi Smart Air Purifier 4 - Rp 2.299.000
  • Xiaomi Smart Air Purifier Elite - Rp 4.499.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com