Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Jual 40 Juta HP pada awal 2024, Cetak Rekor Laba Tertinggi

Kompas.com - 06/06/2024, 19:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal China, Grup Xiaomi (gabungan semua cabang bisnis Xiaomi seperti smartohone) mencetak laba ke rekor tertinggi pada kuartal I-2024.

Menurut laporan keuangan terbaru, Xiaomi membukukan pendapatan sebesar 75,5 miliar yuan (sekitar Rp 169,6 triliun), naik 27 persen dari kuartal yang sama tahun lalu (year-on-year/YoY).

Kenaikan ini menandai pertumbuhan pendapatan dua digit selama dua kuartal berturut-turut. Dari pendapatan tersebut, Grup Xiaomi berhasil memperoleh laba bersih yang disesuaikan sebesar 6,5 miliar yuan (kira-kira Rp 14,6 triliun).

Angka ini didapat setelah memperhitungkan pengeluaran tunai dan non-tunai dari bisnis kendaraan listrik (EV) miliknya.

Baca juga: Smartphone Xiaomi Civi 14 Meluncur 12 Juni, Ini Bocoran Spesifikasinya

Sebagai konteksnya, profit 6,5 miliar yuan tersebut merupakan peningkatan sebesar dua kali lipat alias 100,8 persen dibandingkan tahun lalu. Ini menjadikan rekor tertinggi laba bersih yang disesuaikan yang dicetak oleh Grup Xiaomi.

Kesuksesan Xiaomi pada kuartal I-2024 ini dapat dikaitkan dengan kekuatan kolektif dari tiga lini bisnis intinya, yakni smartphone, produk IoT dan gaya hidup, serta layanan internet.

Setiap segmen mengalami pertumbuhan pendapatan sebesar dua digit, sehingga memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Khususnya, sektor kendaraan listrik pintar (smart electric vehicle/EV) yang sedang berkembang muncul sebagai pendorong utama pertumbuhan, melebihi ekspektasi para analis.

Binis smartphone tumbuh

Xiaomi 14 Ultra varian warna putihKOMPAS.com/ OIK YUSUF Xiaomi 14 Ultra varian warna putih
Pada kuartal I-2024, Xiaomi tercatat menjual 40,6 juta unit ponsel ke pasar global, naik 33,7 persen YoY. Pencapaian ini menandai pertumbuhan tahunan segmen ponsel pintar selama tiga kuartal berturut-turut.

Menurut laporan GizChina, pertumbuhan bisnis smartphone Xiaomi ini didorong oleh keberhasilan strategi globalisasi (hadir dibanyak negara di dunia) dan premiumisasi (menghadirkan produk dalam versi lebih "mewah", sehingga bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi).

Baca juga: Xiaomi Rilis Redmi 13 4G, HP Redmi Pertama dengan Kamera 108 MP

Selain itu, pendapatan bisnis smartphone terus meningkat selama empat kuartal berturut-turut, mencapai 46,5 miliar yuan (sekitar Rp 104,5 triliun) pada kuartal I-2024.

Bisnis IOT

Ilustrasi logo Xiaomi dan beragam produk buatannya.GSMArena Ilustrasi logo Xiaomi dan beragam produk buatannya.
Segmen produk IoT dan gaya hidup Xiaomi menghasilkan pendapatan sebesar 20,4 miliar yuan (sekitar Rp 45,8 triliun), tumbuh 21 persen YoY. Angka ini memecahkan rekor sebelumnya.

Selain itu, margin laba kotor segmen ini mencapai rekor tertinggi dalam sejarah Xiaomi, yakni sebesar 19,9 persen.

Adapun produk IoT Xiaomi mencakup Xiaomi Mi Smart Home Hub, Xiaomi Mi Smart LED Bulb,
Xiaomi Mi Air Purifier, Xiaomi Mi Robot Vacuum, Xiaomi Mi Smart Scale, hingga Xiaomi Mi Smart Doorbell.

Bisnis internet

Xiaomi memiliki layanan internet seperti Mi Cloud (layanan penyimpanan awan), Mi Wi-Fi, hingga Xiaomi Home mendukung ekosistem perangkat Xiaomi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com