Mesin ATM Ini Bikin Nasabah Tak Perlu ke Bank Lagi

Kompas.com - 20/02/2017, 10:43 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apa yang biasa Anda lakukan di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM)? Kebanyakan nasabah biasanya akan menjawab menarik uang, transfer dana, hingga melakukan pembayaran tertentu.

Fungsi-fungsi semacam itu memang tidak banyak berubah sejak mesin ATM diperkenalkan untuk pertama kali. Namun ada beberapa fungsi di mana nasabah harus datang ke bank, seperti mengurus pinjaman, kartu kredit, dan sebagainya.

Nah, NCR, salah satu perusahaan pengembang ATM, baru saja berinovasi dengan mesin barunya yang diberi nama SelfServ80. Melalui mesin tersebut, nasabah dikatakan sudah tidak perlu lagi ke bank. Kok bisa?

Ketimbang hanya digunakan untuk menyetor atau menarik uang, mesin tersebut ternyata bisa digunakan untuk konferensi video dengan teller, seperti yang biasa dilakukan nasabah di bank.

Layar sentuh di mesin ATM berbentang 19 inci membuat pengguna seperti berhadapan langsung dengan pegawai bank. Mengajukan kartu kredit dan wawancara pinjaman uang secara teori bisa dilakukan melalui perangkat ini, melalui sambungan konferensi video Skype yang terpasang di mesin.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari BGR, Senin (20/2/2017), dengan ATM berkemampuan konferensi video ini, pihak bank bisa saja menawarkan layanan yang lebih panjang dari waktu operasional biasanya.

Selain itu, mesin semacam ini dikatakan bisa mengurangi antrean di bank fisik.

Menariknya, mesin ATM SelfServ80 dikatakan sudah bakal hadir pada tahun ini juga. Menurut NCR, beberapa bank besar di seluruh dunia sudah memesan perangkat tersebut.

Baca: Gawat, 95 Persen ATM Masih Pakai Windows XP

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.