Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tunggu Blokir 1 Mei, Begini Cara Registrasi Kartu Prabayar Tri

Kompas.com - 28/04/2018, 16:25 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Deadline registrasi dan daftar ulang kartu prabayar akan segera tiba. Mulai Selasa pekan depan, tepatnya tanggal 1 Mei 2018, operator seluler akan memblokir seluruh layanan bagi nomor yang belum terdaftar, sesuai dengan arahan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Tak tanggung-tanggung, nomor yang diblokir pada 1 Mei nanti tidak akan bisa menggunakan layanan telepon, SMS dan juga data internet. Meski demikian, operator seluler akan tetap membuka layanan registrasi via SMS ke nomor 4444, dengan syarat kartu yang hendak didaftarkan masih berada dalam masa tenggang.

Sama seperti sebelumnya, registrasi  membutuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) yang sah dan berhak sebagai syarat utama. Hal itu berlaku untuk semua operator seluler, termasuk pelanggan operator seluler Hutchinson Tri (3).

Baca juga : Jelang 1 Mei, Baru 15 Juta Pengguna Tri yang Registrasi

Khusus pelanggan Tri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendaftarkan kartu prabayar. Simak selengkapnya di bawah ini.

Pelanggan baru (kartu perdana)

Bagi pelanggan baru atau calon pelanggan Tri, bisa mengirim SMS ke nomor 4444 dengan format: 16 digit NIK#16 digit nomor KK.

Pelanggan juga bisa mendaftar melalui situs resmi Tri  di tautan berikut ini, lalu pilih opsi "registrasi kartu prabayar".

Bagi pelanggan baru, selain memasukkan nomor ponsel Tri, NIK dan nomor KK, Anda juga akan diminta untuk memasukkan empat angka terakhir nomor seri (ICCID) yang tertera dibelakang kartu SIM/USIM yang akan diregistrasikan.

Mulai tanggal 1 Mei 2018, semua pembeli kartu perdana SIM prabayar diharuskan melakukan registrasi dengan NIK dan nomor KK sebelum bisa menggunakan layanan voice, SMS, ataupun data internet.

Pelanggan lama (kartu aktif)

Bagi pelanggan lama atau yang sudah memiliki kartu prabayar aktif, registrasi bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke nomor 4444 menggunakan format: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#.

Untuk registrasi via situs resmi Tri, pelanggan lama akan diminta memasukan nomor ponsel Tri, NIK dan nomor KK. Lantas, akan diminta memasukkan kode rahasia sekali pakai yang akan dikirim via SMS ke nomor ponsel yang akan didaftarkan.

Kode tersebut hanya akan valid dalam rentang waktu lima menit. Selanjutnya, pelanggan juga akan diminta memasukan empat angka terakhir nomor seri (ICCID) seperti pelanggan baru.

Selain cara-cara di atas, pelanggan kartu Tri juga bisa langsung mendatangi gerai operator Tri terdekat, dan akan dibantu petugas untuk proses registrasi tanpa dipungut biaya.

Cara memeriksa status registrasi kartu Tri

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com