Menjajal Jaringan Internet 5 Operator di Tol Kertosono-Surabaya

Kompas.com - 30/05/2018, 15:11 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Tim uji jaringan seluler KompasTekno, Minggu (28/5/2018), menguji sinyal lima operator seluler di ruas tol Kertosono-Surabaya, yang nantinya akan dilintasi oleh para pemudik Lebaran 2018.

Pengujian kami dimulai dari Gerbang Tol Bandar di Kertosono. Pengujian kami fokuskan pada pengalaman pengguna sekaligus seberapa kencang koneksi internet Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Hutshison Tri Indonesia (Tri), serta Smartfren.

Fokus pengujian ini karena internet telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Terutama karena fungsinya yang mencakup banyak hal, mulai dari komunikasi, informasi, hingga hiburan.

Ruas tol Kertosono-Surabaya sendiri membentang sepanjang sekitar 78 kilometer, mulai dari Gerbang Tol Bandar hingga pintu keluar tol Warugunung. Kondisinya sudah beroperasi penuh, bukan fungsional sebagaimana tol lain yang kami uji.

Urusan koneksi internet di sepanjang ruas itu tergolong lancar, meski ada juga sejumlah kendala yang ditemukan. Contoh kendala yang terjadi adalah adanya hilangnya koneksi data dari operator tertentu.

Berikut ini rincian pengujian yang kami lakukan di ruas tol Kertosono-Surabaya:

Nomor Telkomsel yang kami gunakan bisa melakukan semua kegiatan di atas dengan lancar. Kecepatan rata-rata tertinggi kami peroleh melalui pengukuran nPerf di rest area KM 519. Kecepatan rata-rata download mencapai 67,35 Mbps dan upload 6,82 Mbps.

Kegiatan streaming YouTube dan Spotify, juga browsing bisa dilakukan dengan lancar. Hanya saja di KM 702 saja, kami mengalami sedikit kesulitan untuk browsing.

Pengalaman kami, dari tujuh website yang kami kunjungi, 3 di antaranya tidak bisa dibuka sama sekali. Sedangkan streaming YouTube atau Spotify berjalan dengan mulus.

Mealui pengukuran nPerf, kami mencatat bahwa Tekomsel mendapatkan kecepatan download rata-rata tertinggi 22,99 Mbps, serta upload rata-rata 2,85Mbps. Kecepatan itu diperoleh saat berada di KM 735 tol Kertosono-Surabaya.

Baca juga: Menguji Layanan Internet Telkomsel di Ruas Tol Cipali

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.