100 Juta Perangkat Android Bakal Punya Tombol "Google Assistant"

Kompas.com - 27/02/2019, 15:14 WIB
Ilustrasi tampilan Google Assistant 9to5GoogleIlustrasi tampilan Google Assistant
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, LG menanamkan tombol fisik khusus pada LG G7 ThinQ dan V40 untuk memanggil asisten digital besutan Google, Google Assistant.

Belakangan muncul kabar bahwa tombol khusus asisten digital milik Google tersebut bakal hadir di sejumlah ponsel lain, tak terbatas pada LG saja. Nama-nama vendor dimaksud mencakup Xiaomi, Nokia, dan Vivo.

Berkat kerja sama ini, Google pun selaku pengembang Google Assistant memprediksi bakal ada 100 juta perangkat yang memiliki tombol Google Assistant.

"Kami coba membuat Google Assistant menjadi bagian dari ponsel, bukannya hanya sekadar aplikasi saja," sebut kepala engineering Google Assistant, Scott Huffman.

Nantinya, para vendor yang bekerja sama dengan Google bakal memiliki sebuah tombol khusus Google Assistant di ponselnya.

Baca juga: Google Assistant Bisa Prediksi "Delay" Penerbangan

Mirip-mirip Samsung yang telah membuat tombol khusus untuk asisten digitalnya, Bixby, pada jajeran ponsel flagship Galaxy S.

Saat ini, ada beberapa vendor yang telah bekerja sama dengan Google untuk menanamkan tombol fisik khusus Google Assistant. Beberapa di antaranya adalah LG, Nokia, dan Xiaomi.

Vivo menyusul?

LG sendiri telah menanamkan tombol Google Assistant pada deretan ponsel terbarunya, seperti LG G8 ThinQ dan LG K40.

Pada perangkat Nokia, tombol tersebut sudah ditanamkan di dua ponsel budget teranyar dari HMD Global, yaitu Nokia 3.2 dan Nokia 4.2.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber 9to5Google
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.