Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Xiaomi Akhirnya Punya "App Drawer"

Kompas.com - 13/11/2019, 07:19 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah beredar melalui berbagai tangkapan layar sejak Juni lalu, Xiaomi akhirnya resmi menghadirkan fitur app drawer atau "laci aplikasi" di antarmuka MiUI pada ponsel besutan perusahaan, pekan ini.

Fitur ini hadir melalui update MiUI 11 teranyar yang digelontorkan oleh Xiaomi dan dikonfirmasi langsung oleh mereka lewat sebuah postingan di situs microblogging Weibo.

Adapun aneka aplikasi di dalam laci tersebut bisa dilihat dengan mengusap layar home ke atas (swipe up).

Ilustrasi fitur app drawer di ponsel Xiaomi berbasis MIUI 11Weibo/Xiaomi Ilustrasi fitur app drawer di ponsel Xiaomi berbasis MIUI 11

Di dalam menu app drawer ini, daftar aplikasi bakal terbagi menjadi dua kategori.

Bagian atas tampilan adalah jajaran aplikasi yang baru dibuka (recent apps), sementara sisi bawah akan menampilkan semua aplikasi yang terpasang di ponsel.

Meski demikian, tidak dijelaskan mekanisme untuk menutup tampilan laci aplikasi ini.

Ada dua kemungkinan untuk menutup app drawer, yaitu pengguna bisa mengusap layar ke bawah (swipe down) atau dengan menekan home atau back di deretan tombol navigasi yang terletak di bagian bawah.

Nah, jika pengguna merasa bosan dengan tampilan app drawer, maka mereka pun bisa dengan mudah mengembalikan tampilan daftar aplikasi ke mode semula lewat menu pengaturan ponsel, sebagaimana tampak pada gambar di sebelah kiri.

Kendati demikian, fitur app drawer ini baru tersedia untuk ponsel Xiaomi di China yang sudah dibekali dengan antarmuka MiUI 11, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidAuthority, Rabu (13/11/2019).

Baca juga: Lolos TKDN, Xiaomi Mi Note 10 Segera Masuk Indonesia?

Belum ada informasi kapan pengguna ponsel Xiaomi di luar Negeri Tirai Bambu, atau ponsel dengan MIUI 11 versi global, bakal disambangi pembaruan tersebut.

Sebagai informasi, ponsel Xiaomi dengan antarmuka MIUI memang selama ini tak memiliki fitur app drawer.

Alih-alih dikumpulkan di dalam sebuah menu khusus, deretan aplikasi yang terpasang bakal ditumpahkan di deretan layar desktop ponsel, mirip seperti jajaran aplikasi di ponsel iPhone.

Namun, pengguna bisa mengakalinya dengan menginstal aplikasi launcher pihak ketiga yang bertebaran di Play Store, salah satunya seperti Poco Launcher, Mi Launcher, dan lain sebagainya.

Baca juga: Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 11

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com