Begini Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Android

Kompas.com - 22/01/2020, 11:33 WIB
Ilustrasi aplikasi WhatsApp Messenger Beta versi 2.20.13. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi aplikasi WhatsApp Messenger Beta versi 2.20.13.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Setelah lama dinanti, WhatsApp akhirnya menggelontorkan mode gelap alias dark mode untuk para pengguna pada Rabu (22/1/2019).

Mode ini berfungsi untuk mengubah tampilan muka pada aplikasi WhatsApp menjadi gelap dengan warna hitam yang dominan.

Dark mode sendiri dipercaya dapat membuat baterai perangkat menjadi tahan lama dan lebih ramah terhadap mata. 

Namun, dark mode pada WhatsApp ini baru tersedia bagi pengguna WhatsApp Android versi Beta, tepatnya untuk versi 2.20.13. 

Meski baru digelontorkan untuk WhatsApp versi Beta, pengguna yang sudah tidak sabar ingin mencoba juga bisa menikmati fitur tersebut. Akan tetapi, ada beberapa langkah yang harus ditempuh. 

Baca juga: WhatsApp Sudah Bisa Aktifkan Mode Gelap

Salah satunya adalah dengan mengunduh file installer atau file "APK" aplikasi beta tersebut di luar Google Play Store. Lantas bagaimana caranya?

Pertama-tama, pengguna harus mengunjungi halaman APK Mirror melalui tautan berikut untuk mengunduh file APK dari WhatsApp Beta versi 2.20.13. Tunggu beberapa saat hingga file berhasil di-download.

Setelah selesai diunduh, buka file tersebut untuk memasang WhatsApp Beta versi 2.20.13.

Ketika diinstal, WhatsApp yang semula sudah terpasang pada ponsel akan diganti dengan WhatsApp Beta versi 2.20.13.

Namun jangan khawatir, proses pergantian ini tidak akan menghapus data-data yang ada pada WhatsApp sebelumnya.

Baca juga: Ramai Kabar WhatsApp Bakal Berbayar Mulai Tahun Ini, Benarkah?

Artinya, data dan seluruh percakapan pribadi Anda di WhatsApp akan aman dan tidak bakal hilang. 

Nah, jika sudah terpasang, Anda bisa langsung menyalakan tampilan Dark Mode melalui menu pengaturan, tepatnya di menu "Settings" > "Chats" > dan "Theme".

Cara mengaktifkan tampilan serba hitam di WhatsAppKOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan tampilan serba hitam di WhatsApp
Pada menu "Theme" tadi, klik pilihan "Dark" dan klik tombol "OK" untuk mengaktifkan.  Beberapa detik kemudian, WhatsApp Anda akan berubah tampilan dengan warna serba hitam. 

Sebagai peringatan, Google tidak merekomendasikan pengguna mengunduh dan memasang file di luar platform Google Play Store. 

Dengan demikian, jika merasa ragu dan khawatir soal masalah keamanan, Anda sebaiknya menunggu fitur ini dirilis secara resmi untuk semua pengguna WhatsApp.

Baca juga: Pengguna Android Disarankan Hapus 17 Aplikasi Ini

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X