Mode Gelap Resmi Hadir di WhatsApp Android dan iOS

Kompas.com - 04/03/2020, 07:08 WIB
Tampilan Mode gelap di WhatsApp KOMPAS.comTampilan Mode gelap di WhatsApp

KOMPAS.com - Setelah hadir dalam versi beta beberapa bulan lalu, mode gelap akhirnya resmi hadir untuk pengguna WhatsApp Android maupun iOS publik.

Fitur ini adalah salah satu yang paling banyak ditunggu-tunggu pengguna WhatsApp, mengingat tren mode gelap di sejumlah aplikasi.

Dalam blog resminya, WhatsApp mengatakan mode gelap bertujuan untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya rendah. Ada dua hal yang menjadi fokus WhatsApp dalam merancang mode gelap di aplikasinya. 

Baca juga: Seperti Inilah Tampilan Dark Mode pada WhatsApp

Pertama adalah soal keterbacaan, di mana warna yang dipilih adalah warna yang dapat meminimalkan kelelahan mata. Warna gelap di WhatsApp juga disebut mendekati tema gelap yang ada di sistem default Android dan iOS.

Kedua adalah soal hierari informasi yang akan memudahkan pengguna untuk melihat informasi yang paling mencolok, seperti adanya gelembung notifikasi bewarna hijau terang pada pesan baru.

"Kami melakukan hal ini dengan menggunakan warna dan elemen desain untuk memastikan informasi yang paling penting terlihat mencolok," tulis WhatsApp dalam blog resminya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (4/3/2020).

Cara mengaktifkan mode gelap WhatsApp

Pengguna iPhone bisa mengaktifkan mode gelap WhatsApp dengan menuju menu "setting". Kemudian pilih "display & brightness".

Lalu aktifkan mode gelap dengan memilih opsi "dark: turn dark mode on". Untuk mengembalikan ke tema terang pilih "Light: turn dark mode off".

Baca juga: Penelitian Ungkap Mode Gelap di Smartphone Bisa Merusak Pola Tidur

Sementara untuk pengguna Android, pilih menu "setting", lalu pilih "chat", dan lanjutkan dengan memilih "theme". Kemudian pilih "dark: turn dark mode on" untuk mengaktifkan mode gelap.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X