Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rilis 3 Aplikasi Penangkal Kecanduan Smartphone

Kompas.com - 23/01/2020, 09:12 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Kecanduan smartphone alias terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget tersebut merupakan masalah konsumen modern. Problem ini belakangan banyak mendapat sorotan di dunia teknologi, terutama menyangkut kesehatan mental.

Karena itu, Google berinisiatif menciptakan tiga aplikasi untuk mengurangi kecanduan ponsel di kalangan pengguna Android.

Baca juga: Aplikasi Jenis Ini Paling Banyak Menghabiskan Waktu Pengguna Android

Tiga aplikasi tersebut baru baru ini muncul di aplikasi pengunduh Google Play Store. Satu diantaranya adalah hasil proyek khusus divisi eksperimen Google, dan dua lainnya diterbitkan oleh Google Creative Lab.

Aplikasi pertama bernama Screen Stopwatch yang menampilkan live wallpaper berisi informasi waktu yang sudah dihabiskan untuk memakai ponsel dalam satu hari.

Activity BubblesKOMPAS/Putri Zakia Salsabila Activity Bubbles
Lalu aplikasi kedua adalah Activity Bubbles yang fungsinya kurang lebih serupa dengan Screen Stopwatch. Hanya saja, alih-alih informasi waktu, Activity Bubbles akan menambah gambar gelembung (bubble) baru di layar setiap kali pengguna membuka lockscreen.

Lambat laun, gelembung-gelembung ini pun terus menumpuk sehingga memenuhi tampilan layar, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis(23/1/2020).

Aplikasi ketiga, yang mungkin paling unik, adalah Envelope. Sesuai namanya, Envelope membantu pengguna membuat amplop untuk membungkus ponsel secara harfiah.

Aplikasi Envelope KOMPAS/Putri Zakia Salsabila Aplikasi Envelope
Tujuannya tak lain untuk membatasi fungsi smartphone, sebatas menjalankan fungsi-fungsi dasar dari sebuah telepon genggam supaya tak membikin kecanduan.

Baca juga: WHO Tetapkan Kecanduan Game sebagai Masalah Kesehatan

Dengan Envelope, ponsel hanya bisa digunakan untuk menelepon, melihat jam, serta mengambil foto dan video tanpa bisa langsung melihatnya karena perangkat tertutup amplop.

Aplikasi Screen Stopwatch, Activity Bubbles, sudah bisa diperoleh di toko aplikasi Google Play Store. Demikian juga dengan Envelope, namun aplikasi yang satu ini khusus ditujukan untuk perangkat Google Pixel 3a.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com