Google Duo Dibikin Permanen di Samsung Galaxy S20

Kompas.com - 13/02/2020, 19:20 WIB
Kerja sama Samsung dan Google menyematkan Google Duo di dalam perangkat Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip. YouTube/SamsungKerja sama Samsung dan Google menyematkan Google Duo di dalam perangkat Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Dalam perhelatan Galaxy Unpacked yang digelar di kota San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (11/2/2020), Samsung mengumumkan kerja sama teranyarnya dengan raksasa teknologi Google.

Lewat kolaborasi tersebut, Samsung bakal mengintegrasikan fitur-fitur di aplikasi percakapan video Google Duo di dalam sistem Galaxy S20 serta Galaxy Z Flip. Artinya, pengguna bisa menikmati aneka fitur Duo tanpa harus membuka aplikasi terkait.

"Google Duo akan akan langsung terintegrasi dengan aplikasi kontak, telepon (dialer), dan SMS," ujar Head of U.S. Mobile Channel Marketing Samsung Electronics, David Park, di atas panggung Galaxy Unpacked.

Ikon Duo di aplikasi dialer.AndroidPolice Ikon Duo di aplikasi dialer.

Nantinya, akan ada ikon "Duo" yang bisa diklik untuk langsung melakukan panggilan video dari sejumlah aplikasi sistem yang disebutkan tadi.

Pada aplikasi dialer, misalnya, pengguna cukup mengetikkan nomor telepon yang dituju dan lantas mengklik ikon "Duo" untuk langsung melakukan panggilan video.

Baca juga: Momen Langka Akun Twitter Android, Unggah soal Samsung Galaxy S20

Uniknya, tak hanya sekadar "menempel" di sistem, layanan Duo juga nantinya bisa memanfaatkan hardware kamera yang tersemat di ponsel untuk melakukan panggilan video dari beragam mode kamera.

Sebagai contoh, pengguna Galaxy S20 bisa memanfaatkan kamera ultrawide untuk melakukan panggilan video dalam mode landscape.

Dengan begitu, pengguna bisa "mamasukkan" lebih banyak orang dalam satu frame lantaran jangkauan video sejatinya akan lebih luas. 

Baca juga: Samsung Galaxy S20 Ultra, Berkamera 108 MP dan Bisa Zoom 100x

Tak ketinggalan, kualitas panggilan video di Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip juga bisa digenjot hingga resolusi Full HD, sehingga gambar yang ditampilkan tidak terlihat burik.

Kendati demikian, baik Google maupun Samsung tidak memberikan informasi kapan aneka fitur Google Duo ini bisa dipakai secara langsung di Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip.

Belum jelas juga apakah fitur ini bakal tersedia di perangkat Galaxy lainnya atau tidak.

Baca juga: Spesifikasi serta Harga Samsung Galaxy S20 Ultra, S20+, dan S20 di Indonesia

Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra bisa dipesan di Indonesia hingga 23 Februari di situs Galaxy Launch Pack, dengan banderol harga masing- masing Rp 12,9 juta, Rp 14,499 juta, dan Rp 18,499 juta.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X