Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Gboard Bisa Kirim Stiker dari Hasil Gabungan Emoji

Kompas.com - 17/02/2020, 11:16 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Bosan dengan emoji ekspresi wajah yang tersedia? Pengguna aplikasi keyboard Gboard dari Google kini memiliki lebih banyak pilihan lewat tambahan fitur baru yang disebut sebagai "Emoji Kitchen".

Dengan Emoji Kitchen, masing-masing emoji ekspresi wajah akan mendapat variasi baru yang berasal dari gabungan dengan emoji lain.

Baca juga: Deretan Emoji Baru di 2020, Ada Bubble Tea hingga Ninja

Misalnya emoji smiley bertopi koboi dengan senyum lebar di bawah. Emoji ini mendapatkan hingga delapan variasi baru berupa emoji lain yang sama-sama bertopi koboi, seperti monyet, hantu, ekspresi tertawa, cium, jatuh cinta, dan termenung.

Tampilan Emoji Kitchen9to5google.com Tampilan Emoji Kitchen

Varian-varian emoji baru tersebut bisa dikirimkan ke lawan bicara dalam berbagai aplikasi chatting dan e-mail macam Gmail, Messenger, Snapchat, Telegram, dan WhatsApp.

Bentuknya bukan emoji berbentuk kecil, melainkan stiker, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Senin (17/2/2020).

Saat KompasTekno mencobanya dengan aplikasi WhatsApp, aneka pilihan baru dari Emoji Kitchen Gboard ini memang bisa dikirimkan sebagai stiker, seperti tampak dalam gambar di bawah.

Aneka stiker Emoji Kitchen Gboard yang merupakan variasi dari gabungan emoji ekspresi wajah, saat digunakan di WhatsApp. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Aneka stiker Emoji Kitchen Gboard yang merupakan variasi dari gabungan emoji ekspresi wajah, saat digunakan di WhatsApp.

Cara untuk menggunakannya mudah saja, cukup dengan membuka tab emoji di tampilan papan ketik Gboard (bukan yang terdapat di internal WhatsApp), kemudian pilih salah satu emoji smiley.

Gboard kemudian akan menampilkan varian-varian yang tersedia dari emoji tersebut dalam sebuah kolom di sisi atas tampilan keyboard.

Baca juga: DM Twitter Kini Punya Emoji Reactions Mirip Facebook

Aneka variasi stiker berbasis gabungan emoji ini hanya tersedia untuk emoji ekspresi wajah saja, bukan emoji jenis lain seperti kendaraan.

Emoji Kitchen sudah digulirkan ke aplikasi Gboard di Androd. Belum ada informasi apakah fitur tersebut akan ikut tersedia di iOS atau tidak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber 9To5Google


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke