Pengguna Twitter Indonesia Doyan Bicara soal Game Saat Ramadhan

Kompas.com - 19/02/2020, 20:32 WIB
Ilustrasi Twitter IstIlustrasi Twitter

JAKARTA, KOMPAS.com -  Ramadan akan segera menjelang pada April mendatang. Selama bulan suci untuk umat Muslim ini, warga Twitter di Indonesia disebut doyan berbicara soal game.

Twitter Indonesia mencatat percakapan harian soal game bisa melonjak hingga dua kali lipat lebih tinggi dari biasanya pada hari pertama Ramadhan tahun 2019 lalu, kemudian kembali naik menjelang Idul Fitri.

"Mereka (pengguna Twitter di Indonesia) engage dan berinteraksi dengan akun-akun gaming di Twitter," ujar Country Industry Head Twitter Indonesia Dwi Adriansah, dalam pertemuan dengan media pada Rabu (19/2/2020) di Jakarta.

Baca juga: Pengguna Bertambah, Pendapatan Twitter Terdongkrak

Dwi menjelaskan bahwa para pengguna Twitter di tanah air memang doyan main game. Hingga 73 persen dari mereka merupakan gamer yang bermain di perangkat mobile, konsol, ataupun PC, demikian menurut riset internal Twitter.

Berdasarkan kategori usia, Dwi mengatakan bahwa pengguna Twitter Indonesia yang bermain game paling banyak berasal dari kalangan usia 18 hingga 44 tahun. Jenis perangkat yang digunakan untuk bermain game berbeda-beda.

Data percakapan soal game di Twitter di awal pusa Ramadan 2019Twitter Data percakapan soal game di Twitter di awal pusa Ramadan 2019

Para pengguna Twitter dengan usia 18 tahun hingga 24 tahun lebih suka bermain game melalui ponsel, dengan proporsi mencapai 60 persen. Sedangkan, 12 persen diantaranya lebih menyukai bermain di konsol game.

Baca juga: Ada Notifikasi Khusus Saat Mencari Info Virus Corona di Twitter

Dari segi gender, sebanyak 65 persen perempuan pengguna Twitter yang bermain game menggunakan ponsel, sedangkan 29 persen memakai laptop.

Tak jauh berbeda, dari pria pengguna Twitter di Indonesia yang bermain game, 63 persen diantaranya bermain menggunakan ponsel. Ada 41 persen yang menggunakan laptop untuk bermain.

Meskipun ini adalah hasil riset pada 2019 lalu, Twitter memperkirakan tren yang serupa mengangkut gaming akan kembali berulang pada bulan Ramadhan tahun ini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X