Tagar #GojekKenapa Ramai di Twitter, Ada Apa?

Kompas.com - 20/02/2020, 17:27 WIB
Ilustrasi ShuterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Perusahaan ride-hailing, Gojek, kini tengah menjadi perbincangan di dunia maya. Kicauan dengan tagar #GojekKenapa, ramai muncul di ranah Twitter

Bahkan tagar ini masuk dalam trending topic Twitter untuk kawasan Indonesia. Berdasarkan pantauan KompasTekno, Kamis (20/2/2020), hingga sore ini ada sebanyak lebih dari 5.000 kicauan yang menyertakan tagar tersebut.

Ada apa di baliknya? Rupanya tagar tersebut adalah bentuk protes dari para mitra (pengemudi) Gojek terhadap sistem pembagian pesanan baru yang diterapkan.

Screenshot Trending Topic Twitter Kamis (20/2/2020)twitter.com Screenshot Trending Topic Twitter Kamis (20/2/2020)

Menurut sejumlah mitra pengemudi, sistem tersebut dianggap tidak adil. Sistem pembagian pesanan yang baru tersebut, membuat sejumlah driver harus memakan waktu lebih lama dari biasanya untuk meraih "tutup poin" (tupo).

Skema "tutup poin" adalah aturan baku yang dibuat Gojek, di mana pengemudi harus mencapai poin tertentu untuk mendapatkan bonus penghasilan. 

Poin tersebut diperoleh dengan menyelesaikan sebuah order yang dilakukan oleh pelanggan.

Mulanya, sistem pembagian pesanan Gojek dilakukan berdasarkan peringkat mitra pengemudidengan menempatkan pengemudiprioritas untuk mendapatkan pelanggan terlebih dahulu.

Status "prioritas" ini bisa diperoleh seorang pengemudi Gojek apabila lebih rajin mengambil pesanan dari pelanggan.

Namun dengan sistem baru, pengemudi prioritas dan non-prioritas memiliki peluang untuk mendapatkan pesanan yang setara. Inilah yang kemudian dianggap tidak adil.

Baca juga: Driver Gojek Singapura Juga Pakai Tuyul Bikin Order Fiktif

"Logikanya masa driver rajin dan pemalas benefitnya sama, ga adil dong. Yang rajin dan nerima orderan tanpa milih-milih tapi orderannya jadi seret karena pemerataan.
#GojekKenapa," tulis akun @nyoongen.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X