Twitter Uji Coba Tandai Kicauan Hoaks

Kompas.com - 22/02/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi Twitter IstIlustrasi Twitter

KOMPAS.com - Peredaran hoaks dan informasi menyesatkan (misleading) begitu banyak di media sosial, tak terkecuali di Twitter. Platform mikroblogging ini kini tengah menguji coba fitur baru untuk meredam persebaran informasi sesat.

Nantinya, informasi atau kicauan misleading yang diunggah politisi dan tokoh publik lain, akan diberi label warna oranye.

Di dalamnya akan tertulis keterangan bahwa "Laporan Komunitas Twitter mengidentidikasi twit ini melanggar kebijakan komunitas karena memuat informasi yang sangat menyesatkan. Peredaran twit ini akan dikurangi".

Label itu akan diikuti oleh pelurusan informasi yang telah diverifikasi oleh tim cek fakta dan jurnalis dengan lencana bewarna hijau di sisi kanan username.

Dalam salah satu tangkapan layar yang dihimpun KompasTekno dari Engagdet, Sabtu (22/2/2020), ada beberapa contoh penerapan fitur ini.

Salah satunya twit yang pernah diunggah politisi AS, Bernie Sanders tentang penjualan senjata api di negaranya.

Baca juga: Fitur Baru Twitter Permudah Pengguna Bikin Thread

Di bawah twit langsung tersemat label peringatan bahwa twit tersebut menyesatkan. Diikuti beberapa verifikasi dari tim cek fakta dan tautan berita dari media.

Tangkapan layar fitur label informasi menyesatkan di Twitter.Engadget Tangkapan layar fitur label informasi menyesatkan di Twitter.

Twitter mengatakan, fitur ini adalah salah satu implementasi dari kebijakan anti-misinformation yang akan diterapkan mulai 5 Maret nanti. Pada tanggal tersebut, Twitter juga akan melarang konten bermuatan deepfakes.

Deepfakes adalah teknologi yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengubah wajah seseorang dalam video menjadi wajah orang lain, semisal tokoh-tokoh besar.

Teknologi ini juga cukup meresahkan karena bisa memanipulasi informasi dan disalahgunakan untuk menyebarkan berita palsu.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X