Aplikasi-aplikasi Serupa TikTok yang Mengadu Peruntungan

Kompas.com - 25/02/2020, 14:07 WIB
ilustrasi TikTok reuters.comilustrasi TikTok

KOMPAS.com - Penggunaan aplikasi  Tiktok menjadi tren dan fenomena yang menarik di awal 2020. Aplikasi berbagi video singkat itu digunakan secara masif dan dibagikan ke berbagai media sosial lain.

Dalam aplikasi Tiktok, pengguna dapat melakukan joget yang unik dan kreatif dengan audio/musik khas Tiktok. Tak jarang, para penggunanya pun membagikan hasil video mereka ke berbagai platform media sosial lainnya.

Akibatnya pengguna Facebook, Instagram, dan Twitter juga terpapar video-video TikTok tadi.

Peningkatan engagement pengguna Tiktok dan jumlah unduhannya yang melampaui Facebook pada 2019 lalu, memberikan daya tarik kepada para industri teknologi lain.

Tak lama berselang, aplikasi video perulangan lainnya pun bermunculan untuk mencoba peruntungan.

Baca juga: Di Balik Fenomena Ramainya TikTok di Indonesia

Aplikasi-aplikasi itu seperti Byte yang diremake dari Vine, Reels yang dibuat oleh Instagram, Tangi yang dibuat oleh Google, Dubsmash dan aplikasi sejenis lainnya.

Aplikasi Byte, video singkat 6 detik dari para pendiri Vine.Byte Aplikasi Byte, video singkat 6 detik dari para pendiri Vine.

1.Byte

Byte Adalah salah satu aplikasi video pendek yang dikembangkan berdasar aplikasi Vine. Masih ingat dengan Vine? Layanan berbagi video enam detikan itu dibeli Twitter pada 2012, lalu disetop layanannya pada 2017 lalu.

Kala itu, Twitter menyetop fitur video Vine di aplikasinya, karena kalah bersaing dengan jumlah pengguna Instagram dan Snapchat. Kini, para pendiri Vine merilis ulang aplikasi tersebut secara mandiri (di luar Twitter), dengan nama Byte.

Kabarnya, layanan ini tetap menjadi media sosial berbagi video singkat enam detik. Pihak Byte juga mengklaim, jika para penggunanya yang menyukai Vine akan mudah menyukai Byte ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X