Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi-aplikasi Serupa TikTok yang Mengadu Peruntungan

Kompas.com - 25/02/2020, 14:07 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan aplikasi Tiktok menjadi tren dan fenomena yang menarik di awal 2020. Aplikasi berbagi video singkat itu digunakan secara masif dan dibagikan ke berbagai media sosial lain.

Dalam aplikasi Tiktok, pengguna dapat melakukan joget yang unik dan kreatif dengan audio/musik khas Tiktok. Tak jarang, para penggunanya pun membagikan hasil video mereka ke berbagai platform media sosial lainnya.

Akibatnya pengguna Facebook, Instagram, dan Twitter juga terpapar video-video TikTok tadi.

Peningkatan engagement pengguna Tiktok dan jumlah unduhannya yang melampaui Facebook pada 2019 lalu, memberikan daya tarik kepada para industri teknologi lain.

Tak lama berselang, aplikasi video perulangan lainnya pun bermunculan untuk mencoba peruntungan.

Baca juga: Di Balik Fenomena Ramainya TikTok di Indonesia

Aplikasi-aplikasi itu seperti Byte yang diremake dari Vine, Reels yang dibuat oleh Instagram, Tangi yang dibuat oleh Google, Dubsmash dan aplikasi sejenis lainnya.

Aplikasi Byte, video singkat 6 detik dari para pendiri Vine.Byte Aplikasi Byte, video singkat 6 detik dari para pendiri Vine.

1.Byte

Byte Adalah salah satu aplikasi video pendek yang dikembangkan berdasar aplikasi Vine. Masih ingat dengan Vine? Layanan berbagi video enam detikan itu dibeli Twitter pada 2012, lalu disetop layanannya pada 2017 lalu.

Kala itu, Twitter menyetop fitur video Vine di aplikasinya, karena kalah bersaing dengan jumlah pengguna Instagram dan Snapchat. Kini, para pendiri Vine merilis ulang aplikasi tersebut secara mandiri (di luar Twitter), dengan nama Byte.

Kabarnya, layanan ini tetap menjadi media sosial berbagi video singkat enam detik. Pihak Byte juga mengklaim, jika para penggunanya yang menyukai Vine akan mudah menyukai Byte ini.

Byte telah dirilis sejak 25 Januari 2020. Setelah peluncuran Byte yang tak kurang dari 24 jam, aplikasi tersebut langsung disambut baik oleh para peminatnya.

Baca juga: Vine Dirilis Ulang Jadi Byte, Aplikasi Video 6 Detik Pesaing TikTok

Tangkapan layar INstagram ReelsTechCrunch Tangkapan layar INstagram Reels

2. Reels

Sedikit berbeda dengan Tiktok, Reels bukanlah aplikasi, melainkan fitur yang sedang diuji coba oleh Instagram, yang bisa disematkan di dalam Stories.

Fitur keluaran Instagram ini memungkinkan penggunanya untuk merekam sekaligus menyunting video pendek berdurasi 15 detik, dengan beragam elemen hiburan.

Adapun elemen yang bisa pengguna tambahkan mencakup latar belakang musik, tingkat kecepatan video, hingga aneka efek unik.

Baca juga: Instagram Luncurkan Reels, Fitur Video Pendek Mirip TikTok

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com