Huawei Siapkan Mesin Pencari Pesaing Google

Kompas.com - 04/03/2020, 16:02 WIB
ilustrasi Huawei user businessinsider.comilustrasi Huawei user

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal China,  Huawei, tengah menyiapkan sebuah aplikasi mesin pencari (search engine) pesaing Google. Mesin pencari bernama Huawei Search ini dibuat untuk menggantikan fungsi Google Search pada ponsel buatan Huawei. 

Keberadaan Huawei Search pertama kali dilaporkan pengguna Reddit bernama /u/beingnull. Menurutnya, Huawei tengah merekrut pengguna di Uni Emirat Arab untuk mencoba aplikasi tersebut.

Huawei Search sendiri diuji coba kepada pengguna di Uni Emirat Arab (UEA) sejak akhir Februari lalu. Berbeda dengan Google Search, hasil pencarian dari Huawei Search tampak lebih sederhana. 

Huawei Search menampilkan hasil pencarian untuk web, video, artikel berita, serta gambar. Selain itu ada pula sejumlah fitur untuk melihat prakiraan cuaca, kalkulator, berita olahraga, hingga alat konversi unit. 

Untuk melihat kondisi cuaca terkini, Huawei Search akan memunculkan kondisi cuaca selama 24 jam yang didukung oleh Huafeng AccuWeather, yaitu sebuah perusahaan yang sumber datanya berasal dari Badan Meteorologi China.

Baca juga: Pencarian Google Search Bakal Tampilkan Gambar 3D

Tampilan Huawei SearchXDA-Developers.com Tampilan Huawei Search
Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengubah wilayah pencarian dan memilih opsi untuk menyimpan riwayat pencarian mereka. 

Selain itu, hasil pencarian dari Huawei Search pun berbeda dengan hasil dari pencarian Google, Yahoo, Bing, DuckDuckGo, Ask, hingga AOL. 

Artinya, ada kemungkinan bahwa Huawei menggunakan mesin miliknya sendiri, bukan dari pihak ketiga.

Huawei Search juga memiliki fitur terkini yakni dark mode alias mode gelap, serta dan opsi untuk mengaktifkan pencarian aman (safe search).

Dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Rabu (4/3/2020), Huawei Search diketahui
dioperasikan oleh anak perusahaan Huawei yang berbasis di Irlandia yakni Aspigel Limited.

Baca juga: Google Ajukan Permohonan agar Huawei Boleh Pakai Play Store Lagi

Meski masih dalam tahap uji coba, namun tidak menutup kemungkinan bahwa Huawei Search ini dapat menjadi pesaing pendahulunya yaitu Google atau Microsoft Bing.

Kehadiran mesin pencari buatan Huawei ini bukan tanpa alasan.

Pasalnya, sejak namanya masuk dalam daftar hitam AS yang bernama pada 2019 lalu, ponsel-ponsel baru Huawei tidak dapat menggunakan layanan Google seperti Gmail, YouTube, dan Google Play.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X