Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Instagram Menangkal Hoaks Virus Corona

Kompas.com - 09/03/2020, 13:26 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hoaks mengenai virus corona banyak beredar di media sosial. Instagram pun bernisiatif melakukan langkah-langkah untuk mencegah peredaran informasi palsu soal epidemi yang tengah berlangsung ini.

"Kami menghapus misinformasi yang merugikan tentang Covid-19," ujar pengelola jejaring soial itu lewat akun Twitter miliknya.

Baca juga: Pantau Informasi Virus Corona di Indonesia Lewat Situs KawalCOVID19.id

Instagram pun menampilkan notifikasi menuju referensi resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), dan otoritas kesehatan setempat, ketika pengguna meng-klik tagar yang terkait dengan Covid-19.

Disebutkan pula bahwa Instagram akan meminta rekanan fact checker untuk memeriksa akurasi informasi dalam posting yang dicurigai misleading.

Tagar yang dipakai untuk menyebar hoaks dan iklan yang dinilai memanfaatkan keadaan juga bakal diblokir, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MobileSyrup, Senin (9/3/2020).

Baca juga: Hubungi Nomor WhatsApp Ini untuk Informasi Aktual Virus Corona

Terakhir, Instagram mengatakan sedang mendiskusikan solusi jangka panjang untuk membantu orang-orang yang mencari informasi soal Covid-19 supaya bisa menemukan sumber kredibel.

Untuk sekarang, caranya masih sebatas menampilkan notifikasi berisi referensi ke sumber resmi saat pengguna meng-klik tagar saja. Namun, dalam beberapa pekan ke depan kemungkinan ada upaya baru yang akan diumumkan Instagram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com