Instagram Punya Fitur Video Chat Baru

Kompas.com - 26/03/2020, 12:33 WIB
Ilustrasi Logo Instagram Hollywood ReporterIlustrasi Logo Instagram

KOMPAS.com - Sejak organisasi kesehatan dunia (WHO) menetapkan virus corona sebagai pandemi global, beberapa negara mulai menyarankan untuk melakukan gerakan Work from Home atau bekerja dari rumah.

Instagram kemudian menciptakan layanan untuk memudahkan para penggunanya agar tetap dapat bersosialisasi, meski mereka sedang "Di Rumah Aja". Fitur yang dimaksud adalah Co-Watching yang bakal dirilis secara bertahap di berbagai wilayah.

Co-Watching di Instagram memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video secara bersama-sama. Panggilan video di Instagram (disebut video chat), mampu menampung hingga enam pengguna sekaligus.

Baca juga: Instagram Batasi Filter AR Bertema Corona

Pengguna dapat memulai obrolan video dengan mengetuk ikon recorder pada bagian kotak masuk (Inbox) di menu Direct, atau pada utas percakapan Direct.

Saat melakukan video chat, pengguna dapat membagikan postingan-postingan yang mereka simpan dan sukai ke dalam video chat.

Instagram menambahkan fitur videocall yang mampu berbagi postingan feed yang telah disimpan pengguna, postingan yang disukai dan menunjukkan video tersebut kepada partner videocallKOMPAS/Putri Zakia Salsabila Instagram menambahkan fitur videocall yang mampu berbagi postingan feed yang telah disimpan pengguna, postingan yang disukai dan menunjukkan video tersebut kepada partner videocall

Untuk berbagi postingan yang disimpan, disukai, dan disarankan, bisa dilakukan dengan mengetuk ikon foto bertajuk "media", yang terletak di bagian kanan bawah layar saat video call berlangsung.

Saat menampilkan postingan video, semua peserta video chat dapat mendengar video yang diputar. Namun, pengguna tidak dapat membagikan post secara bersama-sama.

Baca juga: Kerja dari Rumah, Begini Cara Video Call Berempat Pakai WhatsApp

Selain itu, para peserta video chat juga dapat melakukan wefie dengan screenshoot, menggunakan tombol bulat putih di pojok kiri bawah video. Pengguna lain pun akan mendapatkan pemberitahuan apabila salah satu menekan tombol tersebut.

Fitur Penambahan Stiker

Instagram juga memberikan stiker-stiker menarik, pengguna dapat menemukannya melalui menu stiker di instastories dengan kata kunci "covid-19" atau "Di Rumah Aja"

Setelah mencari menggunakan kata kunci seperti covid, di rumah, dan sejenisnya, stiker-stiker itu akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Instagram menambahkan stiker stiker terbaru yang mendukung kampanye #dirumahaja untuk meminimalisir persebaran virus coronaKOMPAS/Putri Zakia Salsabila Instagram menambahkan stiker stiker terbaru yang mendukung kampanye #dirumahaja untuk meminimalisir persebaran virus corona

Stiker stiker tersebut berisi himbauan bagi pengguna untuk mencuci tangan, menjaga jarak fisik dengan orang lain, serta beberapa tips lainnya untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Google Sebut Orang Indonesia Video Call Lebih Lama Karena Sering Curhat

Selain itu, Instagram juga menghadirkan akun-akun sumber edukasi dalam kolom pencarian, menghapus konten hoaks covid-19 dari menu eksplore, meluncurkan stiker "Di Rumah Aja," dan menciptakan tagar #dirumahaja.

Pengguna kini dapat mengakses informasi tentang covid-19 melalui bar pencarian dengan kata kunci covid-19 atau coronavirus. Instagram akan langsung menampilkan akun WHO, dan otoritas kesehatan setempat atau akun yang terpercaya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X