Hoaks Kuota Data Gratis 100 GB Beredar di Whatsapp

Kompas.com - 05/04/2020, 16:52 WIB
konfirmasi Kemenkominfo soal informasi hoaks kuota gratis kementerian Komunikasi dan Informatikakonfirmasi Kemenkominfo soal informasi hoaks kuota gratis

KOMPAS.com - Informasi yang tidak bertanggungjawab berkaitan tentang corona masih saja beredar di media sosial. Salah satunya adalah informasi tentang penambahan kuota gratis 100 GB yang diklaim berlaku untuk semua operator.

Dalam informasi tersebut terdapat kalimat persuasif, "Untuk melawan virus Corona, kami menawarkan Anda 100 GB koneksi internet gratis untuk tetap di rumah dengan selamat dan menikmati internet."

Pesan tersebut juga mencantumkan tautan link dengan alamat situs yang meragukan, dengan domain (dot)xyz. Alamat situs itu diklaim dapat mengaktifkan paket internet gratis tersebut.

KompasTekno pun mencoba mengonfirmasi sejumlah operator seluler di Indonesia, dan memastikan bahwa pesan itu adalah hoaks.

"Bukan situs resmi itu, refer (merujuk) ke website, aplikasi resmi, atau social media kami saja," ujar perwakilan Indosat Ooredoo saat dihubungi KompasTekno, Minggu (5/4/2020).

Indosat Oredoo juga meluruskan bahwa pihaknya hanya memberikan kuota internet gratis 30 GB selama 30 hari untuk portal belajar online dan diskon 30 persen untuk beberapa paket internet. 

Baca juga: Telkomsel, XL, dan Indosat Bagikan Kuota Gratis untuk Belajar Online

Kedua tawaran tersebut bisa diperoleh melalui aplikasi myIM3 atau *123*369# atau*123*52#.

Telkomsel pun demikian. Operator pelat merah tersebut juga membantah soal kuota data 100 GB itu. 

"[Informasi itu] nggak ada, paket Telkomsel yang tersedia hanya ada di website resmi Telkomsel www.telkomsel.com ataupun yang tercantum pada Apps MyTelkomsel," ujar perwakilan Telkomsel lewat pesan instan.

PerwakilanTelkomsel pun menjelaskan bahwa Telkomsel hanya memberikan akses kuota gratis 30 GB untuk penggunanya yang ingin mengakses aplikasi Ruangguru dan Ilmupedia. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X