Facebook Rilis Fitur Quiet Mode Agar Tidak "Menggoda" Pengguna

Kompas.com - 13/04/2020, 11:11 WIB
Ilustrasi Quiet Mode di aplikasi mobile Facebook FacebookIlustrasi Quiet Mode di aplikasi mobile Facebook

KOMPAS.com - Berdiam diri di rumah karena wabah Covid-19 membuat waktu menatap layar gadget (screen time) jadi bertambah, termasuk untuk mengakses media sosial yang kerap bikin lupa untuk melakukan hal lain.

Menyadari hal ini, Facebook berinisiatif merilis fitur baru untuk mengurangi waktu penggunaan dari media sosialnya sendiri, yakni Quiet Mode.

Sesuai namanya, saat diaktifkan, Quiet Mode akan "membungkam" sebagian besar notifikasi di aplikasi mobile Facebook supaya pengguna tidak tergoda untuk terus membuka jejaring sosial tersebut.

Baca juga: Facebook Rilis Tuned, Aplikasi Chatting Khusus Pasangan

Kalau pengguna coba membuka Facebook saat Quiet Mode aktif, aplikasi akan memunculkan reminder agar melakukan hal lain, alih-alih sibuk bermedia sosial.

"Misalnya, untuk membantu anda supaya fokus dengan keluarga dan teman,  tidur tanpa gangguan, atau bantu mengatur waktu di rumah," tulis Facebook dalam sebuah posting di situsnya.

Quiet Mode bisa diaktifkan manual atau terjadwal untuk jangka waktu tertentu secara otomatis. Pengguna, misalnya, bisa mengatur agar Quiet Mode berjalan di jam kantor supaya tidak terpancing membuka Facebook karena melihat notifikasi saat sedang bekerja.

Pengaturan Quiet Mode terdapat di dalam dashboard "Your Time on Facebook" di menu Settings di aplikasi mobile Facebook. Namun, ketika mencoba mengaksesnya, KompasTekno belum menemukan opsi Quiet Mode.

Baca juga: Facebook Punya Halaman Khusus untuk Informasi Resmi Seputar Covid-19

Mungkin hal tersebut disebabkan update untuk memunculkan fitur terkait masih belum merata untuk semua pengguna di semua negara. 

Facebook sendiri tak merinci notifikasi mana saja yang dimatikan ketika Quiet Mode aktif. Namun, sebagaimana dihimpun dari The Verge, Senin (13/4/2020), fitur ini berbeda dari "mute push notification" yang hanya mematikan notifikasi push, bukan yang ada di dalam aplikasi.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X