Telegram Siapkan Fitur Grup Video Call, Lebih Aman dari Zoom?

Kompas.com - 28/04/2020, 18:04 WIB
Aplikasi Telegram Tech CrunchAplikasi Telegram
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instanTelegram, tengah mempersiapkan fitur group video call. Hal tersebut disampaikan CEO Telegram, Pavel Durov melalui keterangan resmi dalam sebuah blog beberapa waktu lalu.

Menurut Durov, penggunaan layanan video call saat ini semakin banyak digunakan. Namun, banyak platform yang dinilai kurang aman sehingga ia ingin menghadirkan fitur tersebut di aplikasi Telegram. 

Hingga saat ini, fitur panggilan di Telegram memang hanya sebatas panggilan suara saja tanpa disertai dengan fitur panggilan video seperti WhatsApp.

"Kebijakan lockdown secara global menuntut kebutuhan akan fitur video call yang aman dan terpercaya. Pada 2020, fitur tersebut sama pentingnya dengan fitur percakapan pada 2013 lalu," ujar Durov.

Kendati demikian, Durov belum mengumbar detail kapan kehadiran fitur group video call tersebut. Ia juga belum membeberkan rincian lainnya, seperti jumlah partisipan yang dapat ditampung dalam satu sesi panggilan.

Baca juga: Percakapan Telegram Bisa Dikelompokkan di Satu Folder

Meski begitu, fitur group video call Telegram dipastikan akan dirilis sebelum 2021 mendatang.

"Ada beberapa aplikasi yang memiliki salah satu fitur, entah aman atau mudah dipakai, tetapi tidak keduanya. Kami ingin memperbaiki itu dan bakal fokus untuk menghadirkan fitur group video calls yang aman di 2020," tambahnya.

Selain memastikan akan membawa fitur group video call, Durov juga mengklaim bahwa jumlah pengguna Telegram di seluruh dunia sudah mencapai sekitar 400 juta pengguna.

Angka tersebut meningkat dari tahun lalu di mana Telegram tercatat memiliki sebanyak 300 juta pengguna.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (28/4/2020), Durov turut mengumumkan bahwa aplikasi Telegram kini telah dibekali dengan sejumlah fitur baru.

Baca juga: Pendiri Telegram Ajak Hapus WhatsApp dari Ponsel

Beberapa di antaranya adalah tampilan menu lampiran (attachment) baru untuk Telegram versi Android, serta fitur "Shared Media" yang bisa diakses secara langsung lewat profil pengguna di aplikasi Telegram versi macOS. 

Aplikasi Telegram sendiri bisa diunduh di beragam perangkat, mencakup Android, iOS, Windows, hingga macOS. Adapun versi web dari Telegram bisa dinikmati dengan mengunjungi situs https://web.telegram.org/



Sumber 9to5mac
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X