XL Axiata Catat Kenaikan Pendapatan di Awal 2020

Kompas.com - 13/05/2020, 16:19 WIB
XL Axiata. XL AxiataXL Axiata.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Perusahaan operator seluluer XL Axiata membukukan pendapatan Rp 6,5 triliun pada triwulan I- 2020. Jumlah itu naik 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kontribusi paling besar disumbang oleh layanan data yang tumbuh 17 persen secara year-on-year (YoY). Layanan data menyumbang 91 persen dari total pendapatan pada periode ini.

Menurut dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (13/5/2020), Peningkatan itu terjadi akibat banyaknya pelanggan yang mengakses layanan data internet selama berada dari rumah, di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini.

Baca juga: XL Rilis Aplikasi Sisternet untuk Dorong Pemberdayaan Perempuan

Untuk EBITDA (earnings before interest, taxes, depreciation and amortization), terjadi peningkatan sebesar 40 persen menjadi Rp 3,18 triliun.

Laba bersih yang berhasil diraup XL Axiata pada triwulan I-2020 adalah sebesar Rp 1,5 triliun.
Penetrasi smartphone juga diklaim naik 17 persen, hingga kini mencapai 86 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa tiga bulan pertama di tahun ini menjadi periode yang tidak mudah bagi perusahaannya maupun perusahaaan operator seluler lain.

"Namun, momentum positif dari kinerja 2019 ditambah dengan proposisi produk yang inovatif, serta kualitas jaringan yang kuat, telah berhasil membawa kami mewujudkan kinerja yang tetap kuat dan berkelanjutan di triwulan 1 2020," kata Dian

Hingga akhir Maret 2020, tercatat bahwa jumlah pelanggan seluler XL Axiata mengalami sedikit penurunan menjadi 55,5 juta. Meski demikian, pendapatan rata-rata per pelanggan (ARPU) tetap stabil di angka Rp 36 ribu yang sama dengan kuartal sebelumnya (QoQ).

Baca juga: Daftar Promo Paket Internet XL-Axis selama Ramadhan dan Idul Fitri

Hingga saat ini, XL Axiata telah mengoperasikan 133 ribu BTS. Sebanyak 43 ribu BTS di antaranya merupakan BTS 4G. Jumlah itu meningkat 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY).

Jaringan 4G XL Axiata sekarang telah menjangkau 449 kota/kabupaten yang tersebar di Indonesia.

Di akhir periode ini, Xl Axiata juga mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki uang dalam mata uang dollar AS, dengan komposisi 46 persen di antaranya berbunga floating dan masa jatuh tempo yang tidak bersamaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.