Sejumlah Pelanggan IndiHome Tak Bisa Akses Saluran TVRI

Kompas.com - 03/06/2020, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah pelanggan IndiHome berkeluh kesah di dunia maya, lantaran mereka tidak bisa menonton saluran (channel) TVRI di rumah masing-masing.

Ketika mencoba untuk mengakses saluran tersebut, pelanggan bakal disodori dengan halaman pemberitahuan dengan bunyi "Program ini tidak tersedia sehubungan dengan keterbatasan hak siar dari penyedia konten."

Ilustrasi pemberitahuan tersebut juga diunggah oleh sejumlah pengguna Twitter, salah satunya @Cahyadien.

Baca juga: IndiHome Punya 7 Juta Pelanggan, Pendapatan Setahun Rp 18 Triliun

Akun tersebut menggunggah postingan pada 31 Mei lalu. Dengan kata lain, sejumlah pelanggan Indihome tampaknya tidak bisa mengakses TVRI selama berhari-hari, mungkin hingga sekarang.

Diketahui, TVRI sendiri, bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belakangan memang rajin menggelar tayangan-tayangan edukatif di tengah pandemi Covid-19, salah satunya adalah program "Belajar dari Rumah".

Dengan adanya gangguan saluran TVRI di IndiHome, pelanggan pun otomatis tidak bisa menikmati tayangan tersebut.

Keluhan ini diungkapkan oleh pengguna bernama @nadyaveron di Twitter. Berbeda dengan @CahyadienT, Ia justru mengaku masih bisa mengakses TVRI dari IndiHome pada Selasa (2/6/2020) kemarin.

Baca juga: Telkom Siapkan Pengganti Hooq di IndiHome, Netflix?

Namun, pagi hari ini ia tidak bisa lagi menonton aneka tayangan yang tersiar di TVRI, dan malah mendapatkan halaman pemberitahuan tadi.

Belum diketahui secara pasti apa maksud dari "keterbatasan hak siar dari penyedia konten" yang dijadikan alasan oleh Indihome.

KompasTekno tengah berupaya menghubungi pihak Telkom untuk mendapatkan penjelasan. Pihak Telkom sendiri mengatakan sedang mencari tahu penyebabnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.