iPhone Kakak Pablo Escobar Dibobol, Apple Diminta Bayar Rp 36 Triliun

Kompas.com - 05/06/2020, 10:01 WIB
ilustrasi Apple reuters.comilustrasi Apple

KOMPAS.com - Kakak gembong narkoba Pablo Escobar, Roberto Escobar, dilaporkan menggugat Apple seusai mengatakan bahwa iPhone X miliknya dibobol oleh pihak tak dikenal.

Roberto Escobar lalu menuntut ganti rugi kepada Apple berupa uang tunai senilai 2,6 miliar dollar AS (Rp 36,8 triliun).

Roberto Escobar dikenal sebagai pendiri perusahaan Escobar Inc, sekaligus kakak mendiang gembong narkoba terkenal asal Kolombia, Pablo Escobar, yang pernah memasok 80 persen perdagangan kokain di dunia.

Baca juga: Escobar Fold 1 Meluncur, Ponsel Lipat Murah dari Keluarga Gembong Narkoba

Diketahui, Roberto menemukan bahwa ponsel miliknya telah diretas melalui FaceTime. Akibat peretasan itu, Roberto sempat mengalami stres berat setelah menerima surat ancaman pembunuhan dari seorang pria bernama Diego.

Roberto pun menuturkan alasan ia menuntut Apple. Dalam dokumen tuntutan yang dilayangkannya, Roberto menjelaskan, pada April 2018, ia membeli iPhone X di sebuah Apple Store yang berlokasi di kota Medellin, Kolombia.

Karyawan Apple Store yang melayani Roberto mengatakan bahwa iPhone X merupakan ponsel yang memiliki sistem keamanan paling canggih kala itu.

Naas, kurang dari satu tahun setelah masa pembelian, iPhone X milik Roberto diklaim telah diretas. Kini Roberto telah menggugat Apple dengan tuntutan pelanggaran kontrak, kelalaian yang menimbulkan kekeliruan, serta tuntutan tekanan emosional.

Tanggapan Apple

Apple pun telah menanggapi tuntutan hukum yang ditujukan kepadanya. Perusahaan rintisan Steve Jobs tersebut kini meminta perpanjangan waktu selama 30 hari kepada Roberto untuk mengevaluasi tuduhan yang diterimanya.

Baca juga: Iklan Samsung Ejek iPhone X Lemot

Kendati demikian, perpanjangan waktu tersebut ditolak mentah-mentah oleh Roberto.

"Mengapa perusahaan terbesar di dunia seperti Apple membutuhkan perpanjangan waktu selama 30 hari? Kecuali kalau mereka tidak tahu bagaimana cara merespons gugatan ini," kata CEO Escobar Inc, Olof Gustafsson, dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Jumat (5/6/2020).

Olof pun menilai bahwa saat ini ia dan Roberto tengah memegang kendali. Keduanya sedang duduk manis menunggu langkah yang akan diambil oleh Apple.

"Sekarang mereka tidak punya pilihan lain selain membalas dalam 23 hari ke depan atau Roberto akan memenangi 2,6 miliar dollar AS," tutur Olof.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X