Gadget Story

Menjadi YouTuber dengan Hanya Bermodalkan Smartphone

Kompas.com - 08/06/2020, 16:52 WIB
Logo YouTube di kantor Google Indonesia di Jakarta KOMPAS.com/ CONNEY STEPHANIELogo YouTube di kantor Google Indonesia di Jakarta

KOMPAS.com - Kreator konten merupakan satu profesi yang kini banyak dilirik. YouTuber pengulas gadget, Dedy Irvan dan Putu Reza, pun membagikan tips kepada konten kreator pemula yang ingin mengawali karirnya menjelang era new normal.

Menurut Putu Reza, sebagai langkah awal dalam meniti karir menjadi konten kreator atau lebih spesifik sebagai YouTuber, style atau ciri khas merupakan hal utama yang wajib untuk diperhatikan.

Sebab, setiap konten kreator hadir dengan keunikan serta ciri khasnya masing-masing. Keunikan ini kemudian akan menjadi nilai jual yang dapat menarik perhatian para penonton.

Baca juga: Cara Membuat Video Ciamik dengan Smartphone ala Reviewer Gadget

Sedangkan dari segi peralatan, Putu menyebut bahwa smartphone telah menawarkan fitur-fitur yang terbilang cukup mumpuni untuk memenuhi kegiatan videografi dalam kreasi konten.

"Kalau equipment untuk mulai, pakai smartphone pun dari segi video itu sudah bisa banget. Yang penting sekarang mulai saja dulu," kata Putu Reza, dalam acara Gadget Story Samsung Galaxy S20 yang disiarkan live di YouTube KompasTekno, Jumat (5/6/2020).

Dedy Irvan, pendiri Jagat Review, mengisahkan awal sepak terjangnya selama terjun di dunia kreasi konten. Senada dengan Putu, Dedy bercerita bahwa smartphone pun sebenarnya sudah memadai sebagai perangkat utama.

Baca juga: Tips Memotret dengan Smartphone ala Fotografer Nikko Ilham

"JagatReview sampai 100.000 subscriber itu (produksi videonya) masih menggunakan smartphone saja," katanya.

Jumlah subscriber kanalnya kini sudah mencapai kisaran 425.000, tapi Dedy masih mengandalkan smartphone untuk berbagai hal, terutama seri high-end dari Samsung.

"Tidak perlu cari microphone bagus atau laptop bagus buat ngedit, atau layar bagus buat nonton. Speaker bluetooth juga tidak perlu bawa. Galaxy S20 Ultra speakernya sudah kencang banget, kemana-mana sudah bagus. Semua lengkap jadi satu," tuturnya.

Posisi setara, dari rumah

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X