7 Fitur Baru iOS 14 yang Sudah Ada di Android Sejak Lama

Kompas.com - 24/06/2020, 10:05 WIB
Ilustrasi iOS 14 berjalan di iPhone. 9to5MacIlustrasi iOS 14 berjalan di iPhone.

KOMPAS.com - Apple resmi memperkenalkan sistem operasi generasi terbarunya, iOS 14, melalui ajang tahunan Worldwide Developers Conference ( WWDC) 2020, pada Selasa (23/6/2020) dini hari kemarin.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, seluruh kegiatan acara WWDC digelar secara virtual. Alasannya tak lain karena pandemi Covid-19 masih berlangsung dan memaksa semua agenda tatap muka, termasuk WWDC, untuk digelar secara virtual.

Kehadiran iOS 14 otomatis membawa sejumlah fitur-fitur baru dan peningkatan yang sebelumnya tidak dimiliki oleh iOS 13.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian Update iOS 14

Namun di antara peningkatan yang hadir pada iOS 14, terdapat sejumlah fitur-fitur yang sebelumnya telah lama hadir pada sistem operasi Android. Lalu apa saja fitur-fitur tersebut?

Berikut merupakan daftar fitur baru iOS 14 yang sebelumnya telah dimiliki Android, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (24/6/2020).

1. Translate

Fitur Translate tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Android dan Google. Telah hadir selama 14 tahun, aplikasi besutan Google tersebut mampu menerjemahkan obrolan dalam delapan bahasa secara real-time.

Kini, pengguna iOS 14 pun sudah bisa menikmati kemudahan yang serupa. Fitur Translate yang hadir pada iOS 14 itu bahkan mampu menerjemahkan 11 bahasa secara real time termasuk bahasa Inggris, Mandarin, Perancis, Jerman, dan Korea.

Widget dan App Drawer dua fitur yang baru di iOS 14.Apple Widget dan App Drawer dua fitur yang baru di iOS 14.

2. Widgets

Untuk pertama kalinya, Apple memutuskan untuk mengikuti jejak Android, dengan menghadirkan Widget pada layar home screen iPhone. Widget dapat ditemukan dengan mengusap layar ke kiri pada home screen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X