Facebook Bikin Perangkat VR Berbentuk Kacamata

Kompas.com - 02/07/2020, 14:57 WIB
Facebook dan Ocolus mencoba membuat Headset Virtual Reality (VR) ringkas berbentuk kacamata hitam FacebookFacebook dan Ocolus mencoba membuat Headset Virtual Reality (VR) ringkas berbentuk kacamata hitam


KOMPAS.com -
Perangkat Virtual Reality ( VR) biasanya memiliki bentuk dan ukuran yang cukup besar. Ada yang berbentuk kotak, oval, tebal, dan menutupi sebagian besar wajah.

Hal tersebut dapat mengurangi kenyamanan pengguna saat mengenakan perangkat VR. Apalagi jika perangkat tersebut memiliki bobot yang berat. 

Namun, Facebook dan Oculus membuat sebuah terobosan baru. Kedua perusahaan ini tengah merancang perangkat VR yang lebih ringkas dan nyaman digunakan.

Perangkat tersebut bahkan memiliki bentuk yang modis layaknya sebuah kacamata hitam.

Meski ukurannya jauh lebih kecil, perangkat ini diklaim tetap memiliki performa yang tinggi.

Perangkat tersebut dirancang oleh Facebook Reality Labs, divisi khusus untuk pengembangan perangkat Virtual Reality.

Baca juga: Facebook Berhenti Jual Headset VR Oculus Go Tahun Ini

Kacamata VR ini menggunakan film holografik sebagai optik dengan tebal kurang dari 0,35 inci. Secara keseluruhan, kacamata VR ini memiliki ketebalan kurang dari 9 mm.

Ketebalan film holografik ini diklaim jauh lebih kecil ketimbang LCD atau OLED yang biasanya digunakan pada layar ponsel.

Meskipun kacamata ini masih berbentuk purwarupa dan hanya menampilkan warna monokrom, Facebook berjanji akan menghadirkan rentang warna yang lebih luas dan lebih jelas.

Perusahaan juga akan meningkatkan resolusi hingga "batas penglihatan manusia" dan menghilangkan piksel yang saat ini masih terlihat.

Selain masalah output warna, Facebook juga masih akan memperbaiki usia baterai, koneksi perangkat, serta kompatibilitas dengan kacamata konvensional.

Baca juga: Momen Haru Ibu Bertemu Anak yang Telah Meninggal lewat VR

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (2/7/2020), perangkat ini diharapkan akan membawa perubahan untuk dunia Virtual Reality ke depannya. 

Apalagi saat ini, perangkat VR sudah banyak digunakan untuk beragam hal, seperti untuk simulias, hingga bermain video game.



Sumber ENGADGET
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X