Google Photos Tak Lagi "Backup" Foto dari Medsos Secara Otomatis

Kompas.com - 03/07/2020, 07:05 WIB
Folder di Google Photos cnet.comFolder di Google Photos
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Layanan cloud untuk penyimpanan foto dan video, Google Photos, selama ini menyediakan fitur backup konten dari media sosial secara otomatis, termasuk dari WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Belakangan, Google memutuskan untuk berhenti melakukan backup otomatis. Photos pun tak lagi mencadangkan foto dan video dari platform media sosial dan aplikasi perpesanan secara default.

Baca juga: Google Photos Terbaru Punya Fitur Peta, Fungsinya?

Google mengatakan bahwe perubahan itu dilakukan guna menghemat bandwidth internet yang kebutuhannya melonjak karena lonjakan trafik di masa pandemi Covid-19

"Orang-orang semakin banyak berbagi foto dan video karena Covid-19. Untuk mengirit sumber daya internet, backup & sync sudah dimatikan untuk folder yang dibuat oleh aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Messages, dan Kik," tulis Google dalam sebuah laman resmi.

Baca juga: Baru Empat Bulan, Layanan Cetak Foto Google Photos Sudah Dihentikan

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (3/7/2020), Google menekankan bahwa konten yang sudah dicadangkan sebelumnya tidak akan terdampak oleh perubahan ini.

Pengguna pun masih bisa mengaktifkan backup & sync untuk masing-masing folder yang ingin dicadangkan secara manual. Caranya bisa dilihat di bawah.

Mencadangkan foto dan video

1. Buka aplikasi Google Photos

2. Pilih "Library", lalu klik "View All" pada opsi "Photos on device"

3. Lalu klik folder yang berisi konten yang ingin dicadangkan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X