Intel Perkenalkan Thunderbolt 4

Kompas.com - 12/07/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi Thunderbolt 4. IntelIlustrasi Thunderbolt 4.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pekan ini, Intel mengumumkan standar teknologi terbarunya, Thunderbolt 4. Teknologi ini merupakan penerus Thunderbolt 3 yang sudah digunakan kurang lebih sejak lima tahun lalu.

Intel General Manager, Client Connectivity Division, Jason Ziller, mengatakan bahwa standar teranyar ini dihadirkan demi mendorong ekosistem perangkat komputer serta aksesorinya, menjadi satu kesatuan (universal) hanya lewat port USB Type-C.

"Kehadiran Thunderbolt 4 semakin menekankan langkah Intel untuk mewujudkan ekosistem dengan solusi konektivitas yang sepenuhnya universal," ungkap Jason dalam keterangan di blog resminya.

Melihat kemampuannya, Thunderbolt 4 diklaim mampu menghubungkan dua layar dengan resolusi 4K secara bersamaan atau satu layar 8K. Di generasi sebelumnya, pengguna hanya bisa menghubungkan satu layar beresolusi 4K saja.

Baca juga: Bentuk Mirip, Ini Bedanya Konektor Thunderbolt dan USB Tipe C

Lantas, bagaimana dengan kecepatan transfer datanya? Thunderbolt 4 sendiri sebenarnya memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps, serupa dengan pendahulunya.

Hanya saja, kecepatan transfer data maksimal via PCI Express (PCIe) kini ditingkatkan menjadi 32 Gbps (16 Gbps di Thunderbolt 3).

Ada pula dukungan sistem keamanan berbasis VT-d, memungkinkan interface teranyar ini mampu menangkal beragam serangan langsung yang memanfaatkan memori (direct memory access/DMA).

Selain itu, standar terbaru ini juga mendukung kabel serta aksesoris yang mengusung interface Thunderbolt 3 dan USB versi 3.1 ke atas, serta mampu mengisi baterai laptop melalui port USB Type-C dengan daya yang tak lebih dari 100 watt.

Baca juga: Ini Beda Konektor Micro USB dan USB Type-C, Bukan Sekadar Bentuk

Untuk ketersediaan, komputer dan aksesori yang dibekali dengan standar Thunderbolt 4 rencananya bakal meluncur sebelum 2020 rampung, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Minggu (12/7/2020).

Adapun perangkat yang dipersenjatai dengan prosesor generasi ke-11 dari Intel (Tiger Lake) bakal kebagian port berstandar anyar ini untuk pertama kalinya.



Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X