Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun Ini

Kompas.com - 12/07/2020, 10:23 WIB
Ilustrasi 5G SHUTTERSTOCKIlustrasi 5G

KOMPAS.com - Cakupan jaringan 5G semakin meluas di beberapa negara. Meskipun, sejumlah negara lain masih belum memiliki infrastruktur yang memadai untuk menggunakan jaringan 5G, termasuk di Indonesia.

Absennya jaringan 5G di sejumlah negara tidak menyurutkan euforia 5G yang ramai tahun ini.
Beberapa vendor smartphone dikabarkan akan saling mengeluarkan ponsel 5G baru mereka tahun ini.

Beberapa di antara vendor tersebut sudah merilis beberapa ponsel 5G sejak tahun lalu. Smartphone 5G apa saja yang akan meramaikan pasar tahun ini? Berikut KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Minggu (12/7/ 2020).

1. iPhone 12

Bocoran wujud iPhone 12Phone Arena Bocoran wujud iPhone 12

Dibanding pabrikan ponsel besar lain seperti Huawei atau Samsung, Apple termasuk terlambat dalam merilis ponsel 5G. Sudah lama sebenarnya Apple disebut-sebut akan merilis iPhone 5G.

Namun, rumor itu terpatahkan saat peluncuran iPhnoe 11 yang hanya kompatibel dengan jeringan 4G.

Kemungkinan, Apple baru akan memasang 5G di lini iPhone 12 yang diperkirakan akan rilis akhir tahun 2020 ini.

Baca juga: Inikah Smartphone 5G Paling Murah dari Samsung?

Menurut rumor yang beredar, iPhone 12 series akan memilki empat model. Keempat model itu terdiri dari iPhone 12 dengan layar 5,4 inci, iPhone 12 Max dengan layar 6,1 inci, iPhone 12 Pro dengan layar 6,1 inci, dan iPhone 12 Pro Max dengan layar 6,7 inci.

Semua layar dibekali panel OLED. Khusus untuk varian "Pro" akan memiliki layar ProMotion display dengan refresh rate 120 Hz.

iPhone 12 kabarnya akan diotaki chipset A14 Bionic. Untuk iPhone 12 dan iPhone 12 Max hanya akan dibekali dua kamera di punggung, sementara iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, memiliki tiga kamera belakang.

Varian Pro diprediksi memiliki kapasitas RAM 6 GB, sementara varian lainnya memilki RAM 4 GB. Sedangkan kapasitas internal paling kecil kabarnya mulai dari 128 GB, bukan 64 GB lagi.

2. Galaxy Note 20 Series

Render bocoran desain Galaxy Note 20Onleaks Render bocoran desain Galaxy Note 20

Berbeda dengan Apple, Samsung sudah gencar merilis ponsel 5G mereka sejak tahun lalu. Galaxy Note 20 akan menjadi smartphone flagship 5G Samsung terbaru yang akan dirilis 5 Agustus mendatang.

Kabarnya akan ada tiga model Galaxy Note 20. Galaxy Note 20, Galaxy Note 20 Plus, dan Galaxy Note 20 Ultra.

Namun, rumor soal model terakhir masih simpang siur. Galaxy Note 20 akan dibekali layar 6,4 inci dan Note 20 Plus memiliki bentang layar 6,9 inci.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X