Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Business Kedatangan Fitur QR Code

Kompas.com - 10/07/2020, 14:19 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah lebih dulu menyambangi WhatsApp reguler, fitur QR code kini hadir di WhatsApp Business. Dengan fitur ini, pengguna bisa membagikan kontak WhatsApp tanpa harus menyimpan nomor.

Dari KompasTekno, WhatsApp Business versi 2.20.194.16 pada ponsel Android sudah dibekali dengan fitur tersebut.

Aplikasi versi tersebut juga sudah bisa diunduh di toko aplikasi Google Play Store lewat tautan berikut. Perangkat iOS juga sudah kebagian fitur tersebut lewat WhatsApp Business versi 2.20.71.

Dengan adanya fitur QR code ini, pelaku usaha kini bisa membuat serta membagikan kode QR ke konsumen atau calon pembeli dengan mudah tanpa repot-repot masuk ke menu "Business Tools".

Baca juga: WhatsApp Punya 5 Fitur Baru, Apa Saja?

Caranya, mereka cukup pergi ke menu pengaturan dan meng-klik ikon "kode QR" yang terletak di sebelah kanan nama dan deskripsi toko.

Setelah itu, mereka bisa mengklik tombol "Share code" untuk membagikannya ke sejumlah platform lain seperti Instagram, Gmail, Twitter, Facebook, Line, dan lain sebagainya.

Pemilik toko juga bisa mengakses tab "Scan code" untuk menambahkan kontak atau toko lain melalui kode QR akun mereka. Lalu, akun tersebut lantas bisa langsung di simpan di daftar kontak.

Tampilan fitur kode QR di aplikasi WhatsApp Business.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan fitur kode QR di aplikasi WhatsApp Business.

Selain kode QR, pelaku bisnis juga bisa memanfaatkan satu paket stiker animasi teranyar bernama "Bisnis Kami Buka".

Baca juga: WhatsApp Business Akan Bawa Fitur Katalog ke Indonesia, Begini Wujudnya

Seperti namanya, paket stiker tersebut berisi sejumlah stiker bergerak yang bisa digunakan untuk mewakili operasional toko seperti ketersediaan barang, status pengiriman paket, penutupan toko, dan lain sebagainya.

Ada pula fitur catalog sharing yang memungkinkan pelaku usaha untuk membagikan katalog toko yang sudah mereka buat melalui sebuah tautan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (10/7/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com