Ikut Diperingati Google, Begini Awal Mula Hari Anak Nasional Ditetapkan 23 Juli

Kompas.com - 23/07/2020, 10:17 WIB
Google memperingati Hari Anak Nasional 2020 dengan menampilkan doodle khusus bernuansa anak-anak. GoogleGoogle memperingati Hari Anak Nasional 2020 dengan menampilkan doodle khusus bernuansa anak-anak.

KOMPAS.com - Google ikut meramaikan peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis (23/7/2020). Saat membuka laman pencarian Google, Anda akan disuguhkan doodle atau gambar yang didominasi warna biru, merah, dan hijau cerah.

Dalam gambar itu, anak-anak dengan berbagai kostum binatang kecil bermain dengan ria. Ada yang bersepeda, main layangan, hingga menunggangi kapal, burung, serta pesawat origami.

Sejatinya, hari anak diperingati pada tanggal yang berbeda di masing-masing negara. Khusus di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Sebelumnya, Hari Anak Nasional diperingati pada tanggal 6 Juni dengan nama Hari Kanak-kanak.

Baca juga: Ratusan Cerita Anak dalam Bentuk Audio Tersedia Gratis di Audible

Kemudian, Dewan Pimpinan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) mencabut Hari Kanak-kanak Indonesia dan menggantinya dengan Pekan Kanak-kanak Nasional Indonesia, seperti diberitakan harian Kompas, 30 Mei 1967.

Pekan kanak-kanak diperingati setiap libur kuartal pertengahan tahun. Lalu, keputusan ini diubah lagi dengan menetapkan Hari Anak-Anak Nasional jatuh pada tanggal 17 Juni 1984.

Namun, beberapa pihak mempertanyakan dasar penetapan tersebut, termasuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef.

Daoed merekomendasikan pengubahan penetapan Hari Anak-Anak Nasional dari 17 Juni menjadi 3 Juli, bertepatan dengan hari berdirinya Taman Indria sekaligus Hari Taman Siswa.

Rekomendasi juga datang dari DPP Gabungan Organisasi Penyelenggaraan Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) yang mengusulkan penggantian peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli.

Baca juga: Google Sediakan Tempat Khusus Aplikasi Edukasi Anak di Play Store

Usulan itu merujuk pada disahkannya UU Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak. Prof Dr Nugroho Notosusanto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, menyetujui pengubahan peringatan tanggal Hari Anak-anak ini.

Pada tahun 1985, Hari Anak Nasional mulai diperingati setiap tanggal 23 Juli. Tanggal peringatan ini berbeda dari Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Juni. Sementara Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X