Cara Bagikan Akun Instagram dengan QR Code, Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Kompas.com - 19/08/2020, 10:42 WIB
QR Code Instagram InstagramQR Code Instagram

KOMPAS.com - Tahun 2018 lalu, Instagram merilis firur "nametag". Fitur ini kemudian dirilis di Jepang pada 2019, dan akhirnya dirilis secara global dengan nama baru, yakni QR Code.

Kini pengguna Instagram di seluruh dunia, termasuk Indonesia, sudah bisa mencoba fitur QR Code ini, untuk saling mem-follow dengan lebih mudah, tanpa harus membuka aplikasi Instagram.

Yang diperlukan hanyalah memindai QR Code. Pengguna yang memindai kode QR tersebut kemudian akan dibawa ke halaman profil pemilik akun, dan bisa langsung klik follow atau ikuti.

Baca juga: Bagikan Nomor WhastApp Bisa Pakai QR Code, Begini Caranya

Metode ini menjadi salah satu opsi, andai saja orang yang ditemui kesulitan mencari nama akun Instagram. Bisa juga untuk mempromosikan suatu akun agar mudah dipindai orang lain.

Misalnya saja pemilik bisnis, bisa mencetak QR code tersebut sehingga pelanggannya bisa memindai dengan mudah dan mengikuti akun Instagram mereka. Gambar QR code juga bisa dibagikan ke platform lain seperti WhatsApp.

Salah satu pembeda dengan fitur nametag sebelumnya adalah, QR code bisa dipindai menggunakan kamera pihak ketiga. Sementara nametag hanya bisa dipindai dengan kamera Instagram saja, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Rabu (19/8/2020).

Cara menggunakan fitur QR Code

Cara menggunakan fitur QR code di Instagram.Instagram Cara menggunakan fitur QR code di Instagram.

Fitur QR code bisa ditemukan dengan mudah lewat menu profil. Kemudian klik ikon menu atau tiga garis horisontal di pojok kanan atas.

Pilih "QR code" yang terletak di antara fitur Your Activity dan Saved. Kode unik akan otomatis terbuat.

Baca juga: BI Luncurkan Standar QR Code Indonesia

Latar belakang QR code bisa disesuaikan, apakah ingin menggunakan warna default dari Instagram, emoji, atau selfie. Pengguna cukup pilih opsi latar belakang yang diinginkan, lewat opsi yang bisa dipilih di sisi atas.

Fitur QR Code di Instagram juga sebelumnya sudah ada di WhatsApp, keduanya sama-sama di bawah naungan Facebook.

Fungsi QR Code di WhatsApp pun serupa. Dengan QR Code, pengguna WhatsApp bisa membuat kode unik, dan orang yang memindai kode itu akan langsung dibawa menuju profil WhatsApp si pemilik QR code.

Selamat mencoba!



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X