Cara Menjalankan Hotspot Wi-Fi dari PC dan Laptop Windows 10

Kompas.com - 14/09/2020, 19:38 WIB
Ilustrasi fitur Mobile hotspot di Windows 10. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi fitur Mobile hotspot di Windows 10.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com -Smartphone masa kini dapat digunakan sebagai mobile hotspot Wi-Fi untuk menjalankan koneksi internet nirkabel yang bisa dipakai oleh perangkat lain

Selain lewat perangkat ponsel, tahukah Anda bahwa komputer desktop (PC) maupun laptop juga bisa digunakan sebagai hotspot Wi-Fi?

Fitur ini sudah didukung oleh komputer dengan sistem operasi Windows 10. Pengguna pun tak perlu aplikasi tambahan untuk memakai fitur mobile hotspot.

Baca juga: WiFi Ternyata Bukan Singkatan Wireless Fidelity

Sebelum menggunakannya, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa PC/laptop Anda terhubung dengan koneksi internet, baik itu melalui kabel LAN, terhubung ke hotspot Wi-Fi lain, atau lewat koneksi seluler.

Jika sudah, maka Anda bisa membagikan koneksi internet tersebut ke perangkat lain secara wireless pula. Caranya sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari On MSFT, Senin (14/9/2020). 

Cara mengakses menu Mobile Hotspot di menu pengaturan.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengakses menu Mobile Hotspot di menu pengaturan.
Pertama-tama, bukalah menu pengaturan komputer dengan mengetikkan kata kunci "Settings" di menu Start. Kemudin, tekan tombol "Enter" di keyboard.

Di halaman utama pengaturan komputer, pilih ikon "Network & Internet" dan pilih menu " Mobile hotspot" di deretan menu di sebelah kiri tampilan, tepat di atas menu "Proxy".

Beberapa saat kemudian, halaman fitur "Mobile hotspot" berikut sederet pengaturannya akan terbuka.

Cara membuat hotspot di komputer Windows 10.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara membuat hotspot di komputer Windows 10.

Di halaman tersebut, klik tombol "Edit" dan isi sejumlah informasi yang diperlukan, seperti nama hotspot (access point) yang akan dibagikan, berikut kata sandi (password) agar orang lain tidak bisa sembarangan mengakses hotspot Wi-Fi.

Abaikan opsi "Network level" dan klik tombol "Save". Anda lantas bisa langsung mengaktifkan fitur mobile hotspot dengan memindahkan toggle yang ada di tampilan teratas, dari "Off" ke "On".

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Apple Rilis iBook, Laptop Pertama dengan Wi-Fi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber On MSFT
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X